Malang (ANTARA News) - Kereta Api (KA) express jalur baru Malang-Bandung bakal diluncurkan dan operasi perdana akhir April 2010 dari Stasiun Kotabaru Malang.

Kepala Stasiun Kotabaru Malang Adji Djulianto, Senin, mengatakan, KA express yang melayani rute Malang-Bandung yang bernama KA Malabar tersebut terdiri dari sembilan rangkaian gerbong dan ada tiga kelas, yakni eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Harga tiket eksekutifRp220 ribu/orang dengan 50 tempat duduk (seat), bisnis seharga Rp150 ribu/orang dengan kapasitas 80 tempat duduk, dan ekonomi seharga Rp90 ribu/orang dengan kapasitas 106 tempat duduk, katanya.

Ia menjelaskan, rangkaian KA Malabar tersebut berangkat dari Stasiun KA Kotabaru Malang setiap hari sekitar pukul 15.30 WIB melalui jalur selatan. Jalur selatan tersebut lewat Kepanjen-Blitar-Solo-Yogyakarta serta beberapa stasiun lainnya.

Menurut dia, mulai pembukaan hingga satu setengah bulan berikutnya ada diskon harga tiket sebesar 10 persen, namun pemberlakuan untuk tiga kelas itu masih dalam taraf penjajagan dan akan dievaluasi kembali, kelas apa yang paling diminati masyarakat.

Ia mengakui, sebelum membuka jalur baru Malang-Bandung tersebut pihaknya (PT KAI) telah melakukan survei dan ternyata jalur baru itu cukup potensial, sehingga langsung diusulkan ke PT KAI pusat.

Sebagai persiapan pembukaan jalur baru tersebut, katanya, saat ini pihaknya mulai berbenah dengan menyiapkan ruang untuk parkir KA serta teknis pemesanan tiket karena tanggal 28 April mendatang rangkaian gerbong KA Malabar Express itu sudah tiba di Malang.(E009/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010