Semarang (ANTARA News) - Bank Tabungan Negara (BTN) siap menggarap sistem pembayaran sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) online untuk melayani mahasiswa-masiswa di perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia.

"Sistem pembayaran SPP secara online ini dapat memudahkan para mahasiswa dan pihak perguruan tinggi," kata Commercial Funding and Service Division Head PT BTN Tbk, Harris Tulistya, di Semarang Selasa.

Hal tersebut dikatakan Harris usai menyerahkan bantuan tujuh unit mobil operasional bagi Universitas Diponegoro Semarang.

Menurut dia, penerapan sistem pembayaran SPP secara online tersebut sudah mulai diujicobakan di beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

"Kalau untuk Undip, kami sedang mencocokkan data dan sistem yang dibutuhkan, sehingga diharapkan pembayaran SPP online di Undip sudah dapat digunakan dalam waktu dekat," katanya.

Menurut Harris, dengan sistem pembayaran SPP online ini data pembayaran bisa dipantau dengan cepat setiap saat dan mahasiswa juga dimudahkan karena tidak harus mengantri dalam membayar.

Mengenai bantuan mobil operasional, Harris mengatakan bahwa hal itu merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) yang disalurkan sebagai kepeduliaan BTN terhadap dunia pendidikan.

Sementara Rektor Undip Prof. Susilo Wibowo mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama yang selama ini terjalin antara kedua pihak, termasuk dengan pemberian bantuan mobil itu.

Tujuh unit mobil bantuan PT. BTN itu, kata dia, akan digunakan membantu kegiatan operasional sejumlah fakultas dan lembaga yang ada di Undip, seperti Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Peternakan Undip.

(U.KR-ZLS/S005/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010