Jakarta, 22/4 (ANTARA) - Sebanyak 35 relawan Komunitas Hijau menggelar aksi memperingati Hari Bumi tahun 2010. Para relawan melakukan "Kampanye Anti Styrofoam" kepada 450 pedagang di sepanjang Jalan Condet Raya dan Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Acara  dilanjutkan dengan pembagian stiker "Kampanye Anti Styrofoam" bagi 600 pengendara kendaraan di Lampu Merah depan PGC,Cililitan, Jakarta Timur.

     Tema kampanye, "Mari Kembalikan Senyum Bumi Kita" dengan mengajak semua elemen masyarakat untuk kembali peduli terhadap bumi kita terutama dalam menjaga kelestariannya sebagai tempat tinggal yang nyaman, bersih dan terawat untuk kita dan generasi penerus kita.

     Aksi yang akan dimulai sejak pukul 16.00-18.00 WIB itu, para relawan PKPU akan menyebar dan mendatangi semua pedagang berbagai usaha khususnya yang dekat dengan penggunaan styrofoam untuk diberikan edukasi tentang bahaya Styrofoam.

     Pedagang yang didatangi terlebih dahulu adalah para pedagang makanan minuman siap saji yang memang banyak mangkal di sepanjang Jalan Condet Raya dan Pasar Kramat Jati. Keberangkatan para relawan PKPU ini akan dilepas oleh Direktur Pendayagunaan PKPU, Tomy Hendrajati.

     Ini adalah kegiatan konkret kepedulian PKPU untuk mengajak masyarakat khususnya pedagang yang memang kebanyakan belum menyadari dan mengetahui bahaya penggunaan styrofoam terutama untuk kemasan makanan minuman siap saji,- tegas Galih Wuly Paramitha, Koordinator Program Komunitas Hijau PKPU.

     Gerakan ini, tambah Galih, selain untuk memperingati hari Bumi yang juga jatuh pada tanggal 22 April ini juga merupakan rangkaian bentuk "Kampanye Penyadaran Bahaya Styrofoam", yang sudah dimulai PKPU sejak tahun 2009 .

     "Berbagai kegiatan telah kami buat untuk memberdayakan masyarakat terutama mengolah Styrofoam ini menjadi barang yang berguna lagi dan tidak menjadi masalah terutama dalam kaitannya dengan musibah banjir yang kerap terjadi diluapan sungai di Indonesia, yang disebabkan tersumbatnya sungai akibat menumpuknya sampah Styrofoam ini," ungkap Galih.

     Kegiatan lanjutan telah disiapkan PKPU untuk terus meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yakni Talk Show antar pribadi, perusahaan dan NGO terhadap prestasi pengolahan sampah Styrofoam yang direncanakan tanggal 4 Juni 2010 mendatang.

     Seminar lingkungan akan menghadirkan praktisi akademisi dari Tehnik Lingkungan ITB, praktisi perusahaan dan lain-lain. Puncaknya adalah Kampanye Bahaya Styrofoam di Bundaran HI bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup tanggal 5 Juni 2010. Doakan PKPU semoga lancar dan memberikan pengaruh yang besar terhadap kesadaran masyarakat kita akan bahaya Styrofoam.
   
Untuk informasi lebih lanjut dapat membuka Web : www.pkpu.or.id

Informasi program "Edukasi 450 Pedagang dan 600 Pengendara Kendaraan Bermotor" dapat menghubungi: Tomy Hendrajati (Direktur Pendayagunaan PKPU) 0811979783 dan Ferry Suranto (Manajer Kesehatan PKPU) 085883763402

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Tri Yustisia Putri Manajer Media dan Komunikasi PKPU - 08563471931.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010