Kolombo (ANTARA News/AFP) - Presiden Srilangka, Mahinda Rajapakse, direncanakan mengumumkan kabinet baru yang jumlah menterinya dikurangi secara tajam, Jumat, pada saat dia bermanuver memasukkan anggota keluarganya ke dalam posisi penting.

Kabinet baru itu akan diumumkan sehari setelah pembukaan sidang parlemen, dalam kesempatan mana saudara sulung Rajapakse, Chamal, bekas menteri pelabuhan, dipilih secara serempak sebagai ketua parlemen.

Para pejabat mengatakan, saudara bungsu Rajapakse Basil, yang adalah mantan penasehat presiden, diperkirakan akan masuk dalam kabinet baru, memimpin kementerian yang sangat berpengaruh.

Saudara lainnya adalah menteri pertahanan Srilangka yang memiliki kekuasaan besar, Gotabhaya Rajapakse, yang sebelumnya penjabat tinggi sipil di kementerian pertahanan.

Rajapakse masih merancang daftar menteri pada Jumat pagi, menurut seorang pejabatnya.

Pengambilan sumpah jabatan dijadwalkan akan dilakukan berdasarkan peruntungan astrologi, yaitu sekitar tengah hari.

Kabinet yang dibentuk akan kurang dari separoh dari jumlah anggota kabinet sebelumnya, yang mencapai 109 menteri dan wakil menteri, kata seorang penjabat yang minta tidak disebut namanya.

"Nama-nama itu masih sedang dimutakhirkan," kata penjabat itu menambahkan.

Presiden terpilih kembali untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan Januari lalu, dan dia memperkokoh cengkeraman kekuasaannya dalam pemilihan parlemen, yang diadakan dua pekan lalu, ketika partainya berhasil meningkatkan perolehan kursinya.
(H-AK/H-RN/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010