Laporan dari London

Pesan buat pelajar RI di mancanegara: Contoh perjuangan pahlawan

Pesan buat pelajar RI di mancanegara: Contoh perjuangan pahlawan

Duta Besar RI untuk Prancis, Andorra dan Monako, Arrmanatha C Nasir. (FOTO ANTARA/HO-KBRI Prancis)

Peran pelajar dalam melanjutkan perjuangan pahlawan dalam mengisi kemerdekaan adalah keniscayaan
London (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Prancis, Andorra dan Monako, Arrmanatha C Nasir berpesan agar seluruh pelajar Indonesia di luar negeri selalu  mencontoh perjuangan para pahlawan nasional.            

"Seperti selalu menjaga persatuan kesatuan dan dan menaati tata aturan," katanya melalui rilis yang disampaikan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Paris, Prof Warsito di London, Inggris, Sabtu.

Ia menjelaskan Dubes mengatakan itu dalam seminar pendidikan secara daring melalui akun Youtube Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis pada Kamis (12/11) 2020.

Webinar yang diawali dengan lagu Indonesia Raya dan hening cipta untuk para pahlawan itu digagas PPI Prancis dan didukung KBRI Paris mengusung tema "Memupuk Jiwa Kepahlawanan Bagi Pemuda Indonesia".   

Selain 47 peserta via "zoom meeting" banyak lainnya mengikuti langsung melalui Youtube, yakni pelajar Indonesia di Prancis dan di Tanah Air, yang turut secara aktif dalam webinar tersebut.

Dubes mengatakan peran pelajar dalam melanjutkan perjuangan pahlawan dalam mengisi kemerdekaan adalah keniscayaan.   

"Kualitas SDM masa depan sangat tergantung dengan kualitas pemuda saat ini. Generasi muda yang mampu membawa Indonesia menjadi negara maju," katanya.

Sementara itu Prof Warsito menyampaikan pesan penting dalam webinar yaitu menjaga persatuan dan kesatuan, belajar dan kerja keras, dan memiliki sifat integritas  terpuji.

Sedangkan Ketua PPI Prancis sekaligus Koordinator Dewan Pengawas PPI Dunia, Wisnu Uriawan memaparkan mengenai kiprah pelajar dan alumni PPI Prancis dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 agar menjadi pelajar yang cerdas, kreatif, inovatif dan memiliki daya saing tinggi.

Melalui seminar itu PPI Prancis dan Atdikbud KBRI Paris berharap, pelajar Indonesia di Prancis maupun di Tanah air bersemangat untuk meningkatkan kualitas diri sebagai bentuk peran serta melanjutkan perjuangan pahlawan.

Pelajar diharapkan dapat  memajukan bangsa Indonesia dan menjadi individu yang mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0 dalam kancah nasional maupun internasional.

Baca juga: PPI Paris gelar seminar berkarir sebagai dosen di Prancis

Baca juga: Pelajar Indonesia raih tujuh medali Olimpiade Sains di Prancis

Baca juga: PPI Prancis gelar Olimpiade Karya Tulis Ilmiah ketiga


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ribuan pelajar SLTP di Kota Banjarmasin menerima KIP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar