Tasikmalaya (ANTARANews) - Cermin anyaman mendong produk perajin asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mampu menembus pasar Eropa dan negara asing lainnya.

"Kita sudah sering mengekspor cermin anyaman mendong ke Eropa, Amerika, Inggris dan Jepang," kata pengusaha perajin dan produsen eksportir kerajinan cermin mendong, Asep Barnas, di acara Tasik Craft dan Culture Festival (TCCF), Kota Tasikmalaya, Sabtu.

Ia menerangkan setiap pengiriman ke luar negeri dalam satu kontainer mencapai 700 hingga 750 pasang cermin mendong yang sudah sering dilakukan beberapa kali setiap tahunnya.

Pengiriman kerajinan cermin mendong itu bekerjasama dengan eksportir yang menghubungkan pedagang produk lokal di Indonesia dengan pasar Eropa.

"Ya pengiriman tergantung dari permintaan pasar namun dalam setiap pengiriman satu kontainer itu 700 pcs," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas UMKM Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian, Kota Tasikmalaya, Tantan Rustandi, dalam acara yang sama, mengatakan produk lokal dari Tasikmalaya sudah cukup banyak di ekspor ke negara Asia bahkan Eropa.

Ia menjelaskan, acara TCCF juga sekaligus mengirimkan produk lokal Kota Tasikmalaya ke luar negeri yang sekaligus dilepas oleh perwakilan dari Kementerian Negara Koperasi dan UKM.

Barang yang diekspor tersebut merupakan anyaman mendong, meubel, pakaian bordir ke negara Dubai, Amerika, Inggris Taiwan, dengan jumlah total uangnya sebesar 85 juta dollar.

"Untuk meubel itu khusus dikirim ke Taiwan yang jumlah seluruh pengiriman tadi sebesar 85 juta dollar," katanya.
(KR-FPM/Y003/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010