Seoul (ANTARA News) - Dua pendaki Korea Selatan (Korsel) hilang di pegunungan Himalaya, Nepal, dan empat lainnya dirawat di rumah sakit karena kecelakaan akibat cuaca buruk, kata Kementerian Luar Negeri, Senin.

Rombongan yang dipimpin pendaki gunung Kim Hong-Bin itu mengalami kesulitan pada 24 Spril saat sedang mendaki Annapurna, kata seorang pejabat kementerian kepada AFP, seraya menambahkan bahwa rincian lebih lanjut tidak diberikan.

Kecelakaan itu terjadi pada hari yang sama saat pendaki Korsel Oh Eun-Sun menangguhkan usahanya menaklukkan Annapura karena cuaca buruk. Kementerian itu mengatakan tim Kim yang terdiri atas enam pendaki itu tidak menghubungi Oh.

Oh (44) sedang berusaha untuk menjadi wanita pertama yang menaklukan 14 puncak tertinggi di dunia.

Ia semula berencana melakukan usaha terakhir untuk menaklukkan gunung setinggi 8.091 meter itu pekan lalu, tetapi memutuskan untuk menangguhkannya sampai hari Selasa karena cuaca buruk, kata Koordinator Ekspedisi Song Heak Kwoung kepada AFP, Sabtu.

"Banyak angin dan bersalju. Ia akan berusaha naik ke puncak pada 27 April," kata penyelenggara pendakian di Kathmandu. "Cuaca sangat buruk".

Annapura sangat berbahaya karena secara teknik sulit dan saljunya mudah longsor, dan mempunyai tingkat kematian jauh lebih tinggi dibanding Everest, puncak tertinggi di dunia.(S005/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010