Semarang (ANTARA News) - Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)  Mungin Eddy Wibowo mengatakan "master" soal ujian nasional (UN) ulangan sudah dikirimkan ke seluruh panitia UN tingkat provinsi.

"Pengiriman `master` soal UN ulangan sebenarnya sudah dilakukan sejak Kamis lalu (22/4) bersamaan pengiriman hasil UN 2010 ke setiap provinsi, setelah itu tinggal dicetak," kata Mungin di Semarang, Kamis.

BSNP sudah memperhitungkan berbagai hal terkait pelaksanaan UN ulangan, termasuk lama proses pengadaan dan pendistribusian soal, sehingga mengirimkannya bersamaan dengan hasil UN 2010.

"Lamanya pendistribusian soal UN di setiap daerah kan berbeda, tergantung kondisi medan yang dihadapi. Sebab, ada daerah yang pendistribusiannya memerlukan waktu berhari-hari karena medannya berat," kata Mungin.

Ia mengatakan pengadaan soal UN ulangan kembali diserahkan ke setiap panitia penyelenggara UN tingkat provinsi, seperti saat penyelenggaraan UN 2010 lalu, termasuk perusahaan percetakan yang menanganinya.

"Perusahaan percetakan yang menangani pengadaan soal UN ulangan juga sama, karena pengadaan soal UN utama, UN susulan, dan UN ulangan merupakan satu paket. Hanya waktu pengiriman `master` soal yang berbeda," katanya.

ia mengaku tidak mengetahui  kapan panitia penyelenggara UN tingkat provinsi mengirimkan master soal ke perusahaan percetakan, tergantung kebijakan dan pertimbangan setiap penyelenggara UN provinsi. (*)

KR-ZLS/M028/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010