Barcelona (ANTARA News) - Barcelona memenangkan enam gelar tahun lalu tetapi sekarang mereka laksana berada di ujung tanduk, terancam mengakhiri tahun 2010 dengan tangan hampa setelah disingkirkan Inter Milan dari Liga Champions, Kamis (29/4).

Faktanya, Barca memang masih punya harapan untuk mempertahankan gelar La Liga musim ini, satu-satunya gelar yang tersisa bagi anak-anak asuhan Pep Guardiola itu, jika mampu memenangkan empat laga yang tersisa.

"Kami mempunyai empat laga final di depan dan kami harus memenangkan semuanya jika kami ingin menjadi juara," kata kapten Barcelona Xaxi Hernandez seperti dikutip dari espnstar.com.

"Kami harus menebus semua ini dan terus berjalan karena kami sangat ingin menjuarai Liga," tambah pengatur serangan Barca itu. 

Satu dari empat laga pamungkas Barca adalah melawan Villarreal di El Madrigal, Sabtu (1/5) yang menduduki peringkat enam di klasemen sementara.

"Laga hari Sabtu sangat penting, mereka semua tahu. Kami harus memenangkan empat laga itu," tegas Presiden Bacelona, Joan Laporta kepada laman www.fcbarcelona.com.    

Selain Villarreal, Barca masih akan menghadapi Tenerife, Sevilla, dan Valladolid. Tetapi yang terpenting adalah menghindari tekanan dari pesaing terdekat Barca, Real Madrid yang hanya terpaut satu poin di bawah Barcelona.

Minggu (2/5) Madrid akan kedatangan Osasuna yang menempati posisi 12 klasemen. Jika Madrid menang di Bernabeu dan Barca kalah di El Madrigal, maka Madrid akan merebut tahta klub Catalan itu dengan selisih dua angka.

Akan tetapi pemain-pemain Madrid sadar betul selain kerja keras mereka pun masih bergantung pada hasil yang dicapai Barcelona, apa lagi mengingat Barca tengah dilanda kekecewaan di Liga Champions.

"Kami harus memenangkan empat laga terakhir lalu menunggu. Kami tidak bergantung pada diri sendiri untuk merebut gelar," ucap Raul Albiol, bek tengah Real Madrid.

Xabi Alonso, gelandang yang diboyong Madrid dari klub Inggris Liverpool pun sependapat dengan Albiol.

"Kami juga berharap pada apa yang Barcelona kerjakan, tetapi kami pun tetap fokus memenangkan laga-laga kami. Kami harus bersiap mengingat tersingkirnya mereka dari Liga Champions mempengaruhi mereka," cerita Xabi kepada laman resmi Real Madrid, www.realmadrid.com.

"Kami hanya berharap mereka tergelincir dan itu segera terjadi," katanya menambahkan.(Ber/A024) 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010