Jakarta (ANTARA News) - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung mendominasi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan meraih 19 kemenangan untuk medali emas, perak dan perunggu dari total 60 pemenang untuk tiga bidang Matematika, Fisika dan Kimia.

Pengumuman pemenang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Perguruan Tiunggi (PT) sekaligus penyerahan piagam penghargaan dilaksanakan di Jakarta, Jumat malam oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal.

Acara tersebut juga disaksikan wakil dari perguruan tinggi negeri dari sejumlah provinsi di Tanah Air.

Pemenang untuk masing-masing kategori bidang ilmu yang dilombakan, yakni juara I Matematika diberikan untuk empat pemenang, yakni Yosafat Pangalela (ITB), Muhammad Thoriq (Universitas Gadjah Mada-UGM), Ahmad Agung Ahkam (IT-Telkom Bandung).

Juara I bidang Fisika diberikan kepada empat pemenang, yakni Firmansyah Kasim (ITB), Nailul Hasan (Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Nabila Khrisna Dewi (ITB), Irfan Syanjaya (ITB).

Juara I bidang Kimia diberikan kepada empat pemenang, yakni Aditya Wibawa (ITB), Tegar Nurwahyu (ITB), Aulia Sukma (ITB), Setya Parmadi (UGM).

Wakil Mendiknas Fasli Jalal dalam sambutannya mengatakan, ONMIPA-PT dirintis Direktorat Akademik Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdiknas sejak tahun 2009 lalu.

"Proses seleksi awal dilakukan pada tingkat perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta sejak Februari hingga Maret 2010. Hasil seleksi dari setiap perguruan tinggi diperoleh ranking pertama hingga ketujuh berhak mengikuti seleksi pada tahap II tingkat regional dilaksanakan pada 6-7 April 2010 di 12 regional di Indonesia," katanya.

Seleksi dilaksanakan menyebar di 12 regional tersebut, yakni Sumatra Utara dan NAD, Sumsel, Babel, Bengkulu dan Lampung, Jabodetabek dan Banten, Jawa Barat, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT,NTB dan Bali, Sulawesi, Sumbar, Riau, Kepri, dan Jambi, Kalimantan serta Maluku dan Papua.

"Pada seleksi tingkat regional untuk bidang matematika diikuti 548 peserta, bidang Fisika sebanyak 401 peserta, bidang Kimia sebanyak 402 peserta sehingga total peserta seleksi dari seluruh regional sebanyak 1351 peserta. Jumlah tersebut meningkat signifikan bila dibandingkan total peserta pada tahun 2009 lalu, yakni 852 peserta," katanya.

Ia lebih lanjut mengatakan, khusus untuk bidang matematika sebanyak 20 mahasiswa yang menjadi pemenang juara I, II dan III akan dilakukan pembinaan selama satu bulan untuk menentukan enam mahasiswa yang berhak mewakili Indonesia mengikuti Kompetisi Matematika Internasional (IMC) XVII yang akan dilaksanakan pada 25 hingga 30 Juni 2010 di Bulagaria.

Juara satu atau peraih medali emas memperoleh hadiah sebesar Rp6 juta, juara II medali perak mendapatkan hadiah Rp3,5 juta dan juara III medali perunggu memperoleh Rp2 juta.

(T.Z003/Z002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010