Brussels (ANTARA News/AFP) - Ketua keuangan 16 negara euro meminta untuk bertemu di Brussels pada Minggu, Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker mengatakan, sebagai negosiator tawaran untuk mengesahkan kesepakatan akhir pekan bagi miliaran euro untuk menyelamatkan Yunani.

Juncker, yang memimpin menteri keuangan grup euro, "telah meminta pertemuan luar biasa grup euro pada Minggu 2 Mei 4:00 (1400 GMT)," kata juru bicaranya kepada AFP pada Jumat sore.

Tujuannya adalah untuk memberikan "lampu hijau" (greenlight) syarat dan kondisi yang dinegosiasikan pada Sabtu untuk mitra euro untuk pinjaman Yunani hingga 45 miliar euro (60 miliar dolar) tahun ini, dalam hubungannya dengan IMF.

Menteri Keuangan Yunani George Papaconstantinou mengatakan sebelumnya bahwa pihaknya "sangat mendekati sebuah kesepakatan positif."

Komisi Eropa, seiring dengan Bank Sentral Eropa, keduanya yang duduk sebagai anggota dari grup euro, terlebih dahulu harus memberikan pendapat mereka, untuk mengatakan jika kesepakatan memenuhi uji yang ditetapkan oleh para pemimpin Uni Eropa untuk menjaga stabilitas kawasan mata uang euro.

Kemudian, dalam teori, rencana itu harus diberikan kepada kepala pemerintahan atau negara untuk 15 mitra euro Yunani untuk kesepakatan akhir -- pada titik mana uang secara fisik dapat ditransfer ke Athena. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010