Sepak Bola Nasional

Lolos lisensi AFC 2020 jadi bukti komitmen Arema FC

Lolos lisensi AFC 2020 jadi bukti komitmen Arema FC

Logo Arema FC. (ANTARA/HO-Arema FC/VFT)

Semoga ini memberikan pemahaman, bahwa Arema FC tetap pada jalur dalam pengelolaannya
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Manajemen Arema FC menyatakan bahwa, dengan berhasil lolos dari AFC Club Licensing Cycle 2020, menjadi bukti komitmen tim berjuluk Singo Edan itu pada dunia sepak bola Indonesia.

Media Ofiser Arema FC Sudarmaji mengatakan bahwa dengan ditetapkannya Arema FC sebagai salah satu tim yang lolos lisensi klub pada 2020 tersebut, memiliki arti tersendiri karena kondisi sulit yang dihadapi klub saat ini.

"Bagi kami, saat ini kondisi tersulit yang dihadapi semua klub. Tapi, proses lisensi klub sudah menjadi rutinitas tahunan, di mana kami harus melaporkan kondisi klub ke AFC," kata Sudarmaji, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Baca juga: Aremania gelar aksi damai minta Arema bersatu

Menurut Sudarmaji, meskipun saat ini kondisi sedang sulit, Arema FC tetap bersemangat untuk menjaga rutinitas tersebut, dengan tetap fokus pada upaya untuk menjaga eksistensi tim besutan pelatih asal Brazil, Carlos Oliveira.

Sudarmaji menambahkan, pada 2020, seluruh klub Liga 1 Indonesia, mengajukan proses untuk mendapatkan lisensi tersebut. Namun, hanya ada enam klub yang dinyatakan lolos, yakni Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

"Semoga ini memberikan pemahaman, bahwa Arema FC tetap pada jalur dalam pengelolaannya. Di situasi sulit ini, kami tetap berkomitmen dan konsisten untuk menjaga pengelolaan klub," kata Sudarmaji.

Untuk mendapatkan AFC Club Licensing Cycle, lanjut Sudarmaji, ada lima kriteria yang menjadi penilaian. Lima kriteria tersebut mencakup sporting, infrastruktur, Sumber Daya Manusia, administrasi, legal, dan finansial.

Baca juga: Dua siswa Akademi Arema terpilih dalam Garuda Select 3

"Sekali lagi kondisi ini berat, jika diperkenankan kami sampaikan mari kita bersatu fokus menjaga Arema tetap ada. Pengelola Arema FC terus kerja keras untuk itu, hampir lima tahun berturut-turut kita mempertahankan Club Licensing ini," kata Sudarmaji.

Pada Kamis (19/11), Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan hasil AFC Club Licensing Cycle 2020. Dari 18 klub yang mengajukan, hanya enam klub yang dinyatakan granted, atau berhasil meraih predikat sebagai klub profesional.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi, dan verifikasi manajemen klub sepak bola oleh AFC, untuk mendukung perkembangan sepak bola. Selain itu, lisensi tersebut juga menjadi syarat untuk bertanding pada turnamen antar tim di Asia.

Baca juga: Arema FC minta subsidi klub segera direalisasi

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar