Tangerang (ANTARA News) - Pengendara kendaraan diminta menghindari Jalan Hasyim Azhari di Cipondoh, Tangerang, Banten, karena jalan itu akan ditutup Selasa (4/5) pagi hingga sore terkait acara peresmian klinik Metahdon oleh ibu Ani Yudhoyono.

Wali Kota Tangerang, H. Wahidin Halim, dihubungi Senin mengingatkan agar para pengguna jalan mencari jalur alternatif menghindari jalan KH Hasyim Azhari.

"Penutupan jalan itu dilakukan agar acara peresmian klinik Metadhon oleh ibu negara berjalan lancar," kata Ketua Umum Kesebelasan Persikota itu.

Kedatangan Ani Yudhoyono ke Tangerang untuk meresmikan klinik Metadhon yang digunakan sebagai tempat pembinaan bagi warga penguna narkoba serta ratusan pos pelayanan terpadu (Posyandu).

Direncanakan kedatangan ibu negara itu melintasi jalan Ciledug Raya menunju Kota Tangerang melewati jalan KH Hasyim Azhari, maka untuk menghindari kemacetan ditutup untuk sementara.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, mempersiapkan sebuah acara kesenian berupa "tari cokek" khas daerah ini yang dibawakan puluhan orang untuk menyambut kedatangan Ani Yudhoyono.

Wakil Wali Kota Tangerang H Arif R Wismansyah mengatakan "tari cokek" merupakan sebuah tarian khas Tangerang yang diwarnai budaya etnik China, diiringi orkes gambang kromong ala Betawi dengan penari mengenakan kebaya yang disebut cokek.

Namun tarian Cokek mirip sintren dari Cirebon, Jawa Barat, atau sejenis ronggeng di Jawa Tengah, cokek merupakan tradisi lokal masyarakat Betawi dan China Benteng.

Tarian ini dimainkan sepuluh wanita dan tujuh laki-laki pemegang gambang kromong, alat musik yang mengiringinya menyambut ibu Ani.

Pemkot Tangerang telah mencanangkan gerakan membangun 1.000 Posyandu dalam kurun empat tahun kedepan yang berada pada 13 kecamatan dan 104 kelurahan.

Posyandu itu dibangun kebanyakan pada tanah milik pengembang di wilayah ini berupa lahan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos).

Bahkan ada juga Posyandu yang dibangun pada lahan milik Pemkot Tangerang, masing-masing kelurahan terdapat sebanyak 10 hingga 12 bangunan.

Posyandu itu tidak hanya berfungsi sebagai penimbangan bayi dan pemberian makanan tambahan, tetapi juga ada pembinaan bagi perempuan usia lanjut untuk dapat memeriksanakan kondisi kesehatan mereka.

(U.A047/G001/S026))

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010