Kini jalan terban tersebut sudah bisa beroperasi, tetapi buka tutup setelah sehari pascalongsor pada badan jalan nasional itu.
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah Riau II, Herizon mengatakan jalan nasional yang terban sepanjang 20 meter di kawasan Bukit Betabuh, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kini beroperasi buka tutup.

"Kini jalan terban tersebut sudah bisa beroperasi, tetapi buka tutup setelah sehari pascalongsor pada badan jalan nasional itu dan petugas masih mengoperasionalkan alat berat tersebut," kata Herizon, di Pekanbaru, Senin.

Menurut Herizon, untuk mobil dan truk menengah dan kecil sudah bisa melintasi jalan tersebut kendati masih beroperasi buka tutup.

Ia mengatakan jalan nasional itu terban karena turap tebing penahan badan jalan yang menghubungkan provinsi tetangga-- karena sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera-- tersebut amblas dan telah menggerus separuh badan jalan. Sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kampar dan Pelalawan, Provinsi Riau.

"Pelaksana Jalan Nasional Riau Wilayah II segera menimbun badan jalan tersebut menggunakan agregat. Agregat adalah lapisan struktur yang berada di atas tanah atau subgrade yang berfungsi untuk memberikan daya dukung jalan agar tetap stabil," katanya lagi.

Untuk jangka pendek, katanya pula, jalan ditimbun dengan agregat, mudah-mudahan dua hari sudah selesai.

Herizon menyebutkan, panjang jalan lintas yang mengalami longsor sepanjang 20 meter, dan yang menjadi masalah adalah di bawah badan jalan yang ambles terdapat saluran air, sehingga perlu segera diperbaiki untuk penanganan jangka panjang.

"Penyebab ambles jalan selain karena curah hujan, juga karena keberadaan saluran air yang mengakibatkan badan jalan tergerus berdampak penahan jalan ikut ambles," kata Herizon.

PJN sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan polres setempat khusus untuk truk bermuatan besar dilarang melewati jalan tersebut atau harus melewati jalur lain. 
Baca juga: Jalan lintas Riau-Sumbar sudah bisa dilewati dengan lancar
Baca juga: PUPR Riau membangun bronjong jalan ambles di Kampar dan Kuansing

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024