Pembangunan bronjong tersebut karena sebelumnya jalan mengalami longsor yang disebabkan curah hujan di Riau.
Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau membangun bronjong pada beberapa titik sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) karena ambles.

Jalan yang ambles itu terletak di jalan Batu Besurat-Muara Takus-Bandar Picak (batas Rokan Hulu), Kecamatan Koto Kampar Hulu, Desa Gunung Bungsu, Kabupaten Kampar di STA 20+ 900 di Kabupaten Kampar dan Kuansing, Riau.

"Pembangunan bronjong tersebut karena sebelumnya jalan mengalami longsor yang disebabkan curah hujan di Riau, selain mengakibatkan banjir juga membuat jalan ambles serta longsor," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau M Arief Setiawan diwakili Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah V Basharuddin, di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan bronjong perlu agar jalan sebagai infrastruktur vital bagi masyarakat itu tetap berfungsi dengan baik. Bronjong dibangun pada sisi jalan merupakan tebing itu, agar kerusakan tidak makin parah.

"Pada ruas jalan tersebut terjadi keretakan memanjang yang membelah ruas jalan tersebut sebelumnya tidak jauh dari di titik ambles tersebut, juga sudah kami tangani," katanya pula.

Sedangkan di Kabupaten Kuansing, katanya lagi, pembangunan bronjong dilakukan pada ruas jalan Taluk Kuantan-Cerenti, di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Benai.

"Di ruas jalan itu juga terjadi kerusakan yang sama dan saat ini juga tengah dibangun bronjong di sisi jalan yang ambles. Untuk penyelesaian pekerjaan fisik bronjong ditargetkan beberapa minggu ke depan, sehingga jalan bisa digunakan masyarakat dengan baik," demikian Basharuddin. 
Baca juga: Pemprov Riau mengalokasikan Rp70 miliar ganti rugi pembebasan lahan  
Baca juga: Jalan lintas Riau-Sumut banjir, polisi pasang rambu dari botol bekas

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024