Permohonan usulan peningkatan kualitas jalan lintas timur itu ada anggaran di BPJN.
Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengajukan permohonan ke pemerintah pusat untuk peningkatan kualitas Jalan Lintas Timur Sumatera di Kabupaten Pelalawan untuk mengantisipasi banjir, karena daerah ini masih tergenang banjir dan mengganggu arus lalu lintas kendaraan, barang, dan penumpang.

"Karena itu kami mengajak Dinas PUPR-PKPP Riau dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau untuk membuat perencanaan peningkatan Jalan Lintas Timur selanjutnya diusulkan ke pusat melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bapenas (Bapenas)," kata Edy Natar Nasution dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, permohonan tersebut perlu diajukan, karena jika hujan maka Jalan Lintas Timur banjir berdampak mengganggu arus lalu lintas kendaraan pengangkut barang dan penumpang.

Ia menyebutkan bahwa usulan peningkatan kualitas jalan tersebut bisa dengan dua metode, yakni pertama dengan membangun badan Jalan Lintas Timur lebih tinggi dari kondisi sekarang untuk menghindari banjir. Pilihan kedua, yakni dengan membangun bendungan di sisi jalan agar air juga tidak menggenangi jalan ketika banjir.

"Kedua pilihan metode untuk peningkatan kualitas Jalan Lintas Timur itu, tentu pihak BPJN yang akan menyusun teknis usulan termasuk membuat dokumen Detail Engineering Design (DED/Rancang Bangun Rinci. Sebuah dokumen desain teknis bangunan yang terdiri dari gambar teknis, spesifikasi teknis dan spesifikasi umum, volume serta biaya pekerjaan," katanya pula.

Edy Natar Nasution mengatakan Gubernur Riau merupakan perpanjangan tangan kabupaten dan kota pada tingkat pusat, maka segala sesuatu yang dibutuhkan bisa disampaikan dan ditindaklanjuti dengan cepat dan pihaknya akan berupaya mendorong implementasi program-program tersebut.

Kepala BPJN Riau Yohanis Tulak Todingrara mengatakan segera menindaklanjuti usulan tersebut ke pemerintah pusat.

"Permintaan Gubernur Riau Pak Edy Natar Nasution segera kami tindaklanjuti, permohonan usulan peningkatan kualitas jalan lintas timur itu ada anggaran di BPJN," demikian Yohanis. 
Baca juga: Ratusan kendaraan lintasi jalur lintas timur Jambi-Riau
Baca juga: Lalu lintas Sumbar-Riau dilanda banjir

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024