Cita cita rencana pembangunan jembatan akan menghubungkan dua pulau itu sudah lama terpendam....
Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Edy Natar Nasution untuk kesekian kali mengatakan pihaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp7 triliun untuk membangun jembatan sepanjang 6,1 km yang menghubungkan Pulau Sumatera (Sungai Pakning, Bukit Batu) dengan Pulau Bengkalis.

"Cita cita rencana pembangunan jembatan akan menghubungkan dua pulau itu sudah lama terpendam agar bisa mempermudah mobilitas angkutan barang dan orang, sebab kini, satu-satunya alat transportasi dari Pulau Bengkalis hanya mengandalkan kapal roro Sungai Selari-Air Putih, itu belum memadai," kata Gubernur Riau Edy Natar Nasution, di Pekanbaru, Selasa.

Gubernur Riau Edy Natar Nasution kembali menyampaikan keinginan untuk membangun jembatan tersebut karena biaya pembangunan jembatan tersebut cukup besar, sehingga berharap bantuan pemerintah dan bisa masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2025-2029 guna mudah mendapatkan pembiayaan APBN.

Ia menyebutkan untuk memperkuat cita cita tersebut, pihaknya sudah menggelar berbagai diskusi bahkan menampung pendapat pakar perguruan tinggi dan lain lain guna memperkaya argumentasi terkait rencana pembangunan jembatan itu.

"Beragam masukan positif akan memperkaya dan memperkuat argumentasi Pemerintah Provinsi Riau untuk membangun jembatan tersebut dan semoga pemerintah pusat bisa mengabulkan," katanya pula.

Dosen Teknik Sipil Universitas Riau (Unri) Muhammad Ikhsan memandang bahwa Pemprov Riau bisa melakukan efisiensi biaya konstruksi jembatan dari usulan sebesar Rp7 triliun itu menjadi separuh atau Rp3,5 triliun saja.

Pengurangan anggaran bisa terjadi pada lebar jembatan masih bisa dikurangi, desain awal studi kelayakan itu lebar jembatan 30 meter --idealnya untuk menjawab kebutuhan masa depan-- itu mungkin bisa dikurangi karena volume arus lalu lintas barang dan orang kini belum sebesar itu.

"Jika lebar jembatan dibuat hanya 10-15 meter itu mungkin sudah cukup. Saran ini akan lebih hemat anggaran dan realistis diyakini akan mendorong percepatan pembangunan jembatan yang berharap dari dana pemerintah itu," katanya lagi.

Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan jika pembangunan jembatan Bengkalis sepanjang 6,1 km itu bisa terealisasi, diyakini akan menjadi jembatan terpanjang se-Indonesia, sebab Jembatan Suramadu hanya sepanjang 5,4 km. 
Baca juga: Jembatan Pelabuhan Buton roboh, pelayanan dialihkan ke Bengkalis

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024