Alhamdulillah kami sudah mendapatkan calon investor dari BUMN China yang sedia mendanai sekaligus sebagai kontraktor.
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menjajaki kerja sama dengan BUMN China untuk membangun jembatan sepanjang 6,1 km dari Pulau Bengkalis ke Sungai Pakning Bukit Batu (Pulau Sumatera), Provinsi Riau.

"Alhamdulillah kami sudah mendapatkan calon investor dari BUMN China yang sedia mendanai sekaligus sebagai kontraktor dalam pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis ke Sungai Pakning Bukit Batu sepanjang 6,1 km itu," kata Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, kesediaan BUMN China yang berniat berinvestasi dalam pembangunan jembatan tersebut, setelah pihaknya bersama Sekda Kabupaten Bengkalis menerima kunjungan calon investor asal China itu pada Minggu (17/3).

Hasil kunjungan tersebut, katanya menyebutkan, BUMN China sedia membangun jembatan tersebut dan Pemprov Riau tertarik untuk melakukan kerja sama terkait.

"BUMN China ini sudah banyak membangun infrastruktur di Indonesia dan mereka sudah memaparkan komitmen mereka bahwa mereka siap mengerjakan pembangunan jembatan itu sampai selesai," katanya pula.

Untuk itu sebelum jembatan tersebut dibangun, katanya lagi, pihaknya akan mengurus izin ke pemerintah pusat, yakni Kemenko Perekonomian agar megaproyek tersebut bisa menjadi Proyek Strategis Nasional. Sedangkan pengembangan infrastruktur tersebut akan melibatkan pembagian program.

Pola pembangunan yang digunakan adalah pengembangan pola ruas jalan ke Bengkalis menjadi tanggung jawab Pemkab Bengkalis, sedangkan untuk untuk ruas jalan ke Bukit Batu menjadi tanggung jawab Pemprov Riau.

"Untuk pendanaan pengerjaan fisik proyek jembatan megaproyek itu menjadi tanggung jawab BUMN China. Semoga jembatan ini dibangun segera dan BUMN China juga sedang menyiapkan studi kelayakan jembatan serta perencanaan desain detail jembatan," katanya lagi.

Beberapa proyek yang sudah dijalankan BUMN China itu, yakni CSCEC Antaraain Shanghai World Financial Center, Shanghai; Kedutaan Besar Malaysia, Beijing; Bandar Udara Internasional Baiyun Guangzhou, Guangzhou hingga Nanyang Technological University, Singapura.

Selain itu, megaproyek internasional yang pernah dibangun, antara lain Jembatan Rama, Bangkok, Thailand; Menara Federation, Moscow; Stadium Jinnah, Islamabad, Pakistan; Cairo International Conference Center, Mesir hingga Burj Doha, Qatar.

Selanjutnya, Trump International Golf Club, Dubai; Jalan Raya Bebas Hambatan, Argentina hingga renovasi Jembatan Alexander Hamilton, New York, Amerika Serikat.
Baca juga: Jembatan Pelabuhan Buton roboh, pelayanan dialihkan ke Bengkalis
Baca juga: Riau membutuhkan Rp7 triliun bangun 6,1 km jembatan di Bengkalis 

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024