Kegiatan ini mengulang sukses tahun 2023 sebagai provinsi terbaik penyelenggaraan BBI juga Bangga Berwisata di Indonesia....
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mematangkan berbagai persiapan untuk menggelar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 3-5 Mei 2024 di Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman Riau dan di Jalan Cut Nyak Meutia Pekanbaru.

"Kegiatan ini mengulang sukses tahun 2023 sebagai provinsi terbaik penyelenggaraan BBI juga Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), sehingga digelar kembali tahun 2024," kata Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto, di Pekanbaru, Senin.

Hariyanto memimpin rapat teknis pelaksanaan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (BBI/BBWI) 2024, di ruang rapat Melati Kantor Gubernur Riau, dihadiri oleh Penjabat Sekda Riau Indra, Kepala Bank Indonesia (BI) Riau Panji Achmad, Forkopimda Riau, juga para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemprov Riau dan lain lain.

Menurut Hariyanto, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) menilai dari 10 provinsi Riau yang terbaik terkait Pemerintah Provinsi Riau bersama BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sukses melaksanakan Gernas BBI/BBWI 2023.

"Saat itu perputaran uang pada BBI/BBWI 2023 di Riau mencapai Rp63 miliar, dan tahun 2024 Provinsi Riau diminta kembali menyelenggarakan BBI/BBWI yang akan menjadi contoh bagi 12 daerah penyelenggara BBI dan BBWI," katanya lagi.

Karena itu, penyelenggaraan BBI/BBWI 2024 disarankan berkolaborasi dengan Lancang Kuning Carnival, festival berbasis fashion carnival yang juga menampilkan berbagai hiburan seperti musik, tari, dan pameran ekraf.

Kegiatan tersebut juga berkolaborasi dengan pelaksanaan Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang akan diikuti oleh 24 daerah.

"Jadi selain BBI/BBWI juga akan menampilkan Lancang Kuning Carnival, lalu Muskomwil Apeksi yaitu perkumpulan asosiasi pemerintah kota, para wali kota hadir nanti di sini dan mereka disambut 10.000 penari menampilkan tarian Lancang Kuning," demikian Hariyanto. 
Baca juga: Kemenperin tekankan kolaborasi pusat dan daerah akselerasi P3DN
Baca juga: Menperin alokasi Rp116 miliar fasilitasi sertifikasi TKDN 2024

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024