Dhaka (ANTARA News/Reuters) - Seorang aktivis oposisi Bangladesh tewas dan lebih dari 100 orang terluka Rabu, dalam bentrokan dengan pendukung partai yang berkuasa menjelang rapat umum yang dihadiri oleh mantan perdana menteri Begum Khaleda Zia.

Menurut polisi dan beberapa saksi mata, sedikitnya 20 rumah dibakar dan 60 kendaraan dirusak dalam kekerasan satu jam lamanya di Natore, 250Km di baratlaut ibukota negeri itu, Dhaka.

Kekerasan itu berkobar ketika sekelompok orang merintangi iring-iringan lebih dari 100 kendaraan yang membawa para aktivis oposisi ke pertemuan, yang kemudian tertuju pada Khaleda Zia, pemimpin Partai Nasionalis Bangladesh (BNP), di dekat kota Rajshahi.

Polisi menembakkan gas air mata untuk memulihkan ketertiban.

Khaleda Zia menuduh para aktivis partai Liga Awami yang berkuasa sebagai pelaku serangan itu.

Bangladesh memiliki budaya politik konfrontasi, yang menghasilkan pemerintah sementara dukungan militer pada Januari 2007 menyusul kekerasan mematikan antara BNP, yang berkuasa ketika itu, dan oposisi Liga Awami.

Liga Awami menang dalam pemilihan umum Desember 2008 untuk mengembalikan PM Sheikh Hasina ke kekuasaan untuk masa jabatan kedua. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010