Padang (ANTARA News) - Ujian Nasional (UN) susulan bagi siswa SMA di Kota Padang, Sumatera Barat, akan digelar 10 hingga 14 Mei mendatang, kesempatan kedua bagi siswa yang gagal pada ujian pertama.

"Bagi siswa yang gagal ujian Nasional (UN), sepertinya jangan berputus asa dahulu. Dinas Pendidikan (Disdik) Padang akan menggelar ujian ulangan pada 10 hingga 14 Mei mendatang," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang, Bambang Sutrisno, Rabu.

Menurutnya, fasilitas ini sengaja disiapkan untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk bisa lulus dan melanjutkan jenjang pendidikan di atasanya.

"Ada ujian susulan dan ujian ulangan, makanya kita optimis kelulusan tahun 2010 akan meningkat. Saat ini tergantung dengan siswanya karena soal atau materi yang diujikan sama dengan ujian nasional," ucapnya.

Dia menambahkan, peserta UN susulan diikuti sebanyak 183 siswa dari SMA jurusan IPA sedangkan jurusan IPS 1.384 siswa dan 1.055 siswa dari SMK yang akan mengikuti ujian nasional ulangan pada 10 Mei mendatang.

"Peserta ujian sudah terdaftar melalui sekolah masing-masing agar bisa mengikuti ujian," ungkapnya.

Dia mengatakan, pelaksanaan ujian untuk SMA, akan dilaksanakan oleh tiga kelompok sekolah penyelenggara, yakni SMA PGRI 1, SMA Pertiwi 2 serta SMA 2 Padang.

"Sedangkan untuk SMK lokasi ujian dilaksanakan pada SMK 3 Padang," katanya.

Menurutnya, soal sama dengan jadwal UN utama dan susulan lalu. hanya saja soalnya akan berbeda, karena akan didatangkan kembali dari Depdiknas, satu hari sebelum UN ulang digelar.

"Jenis soal ujian tetap sama sesuai dengan kisi-kisi soal yang sudah ditetapkan secara nasional," ujarnya.

Dia menambahkan, soal ujian akan tetap diawasi serta dijaga aparat kepolisian, distribusikan sekolah-sekolah terlebih dahulu disimpan di Mapoltabes Padang.

"Hal ini dilakukan untuk keamanan jangan terjadi kebocoran soal serta kunci jawaban," pungkasnya.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010