Beyonce pimpin nominasi Grammy, BTS dapat satu dengan "Dynamite"

Beyonce pimpin nominasi Grammy, BTS dapat satu dengan "Dynamite"

Beyoncé. ANTARA/Instagram/@beyonce.

Jakarta (ANTARA) - Beyonce memberi kejutan di Grammy Awards 2021 dengan meraih sembilan nominasi, pasalnya dia tidak merilis album baru selama periode seleksi, demikian dilansir Variety.

Nominasi terbanyak kedua diikuti oleh Taylor Swift, Roddy Ricch dan Dua Lipa yang masing-masing mendapat enam nominasi. Brittany Howard, dari Alabama Shakes berada di belakang nama-nama tersebut dengan lima nominasi untuk debut solonya.

Baca juga: Daftar lengkap pemenang Grammy Awards 2020

Billie Eilish, Megan Thee Stallion, DaBaby, Phoebe Bridgers, Justin Biebier, pianis jazz John Beasley dan produser David Frost, mendapatkan empat nominasi.

Nama The Weeknd yang diprediksi akan mendominasi Grammy dengan lagu tunggal "Blinding Lights" dan album "After Hours" justru sama sekali tidak ada dalam daftar nominasi.

Beyoncé akan bersaing melawan dirinya sendiri, lagu "Black Parade" yang dirilis tahun lalu akan melawan "Savage" di mana dia tampil sebagai featuring dalam lagu Megan Thee Stallion.

Enam nominasi Swift termasuk lima untuk album "Folklore" atau lagu tunggal "Cardigan" dan satu untuk kolaborasinya dengan Andrew Lloyd Webber pada lagu asli untuk versi film "Cats". Masuknya Swift dalam nominasi merupakan sebuah tanda kembalinya penyanyi tersebut dalam kancah Grammy setelah album "Reputation" hanya mendapat satu nominasi dan "Lover" yang dirilis tahun lalu tiga nominasi.

"Folklore" mengembalikannya ke kategori album terbaik. Jika Swift menang, dia akan menjadi wanita pertama yang memenangkan kategori Album Terbaik sebanyak tiga kali, sebelumnya dia telah meraih untuk "1989" dan "Fearless".

Baca juga: Curhat BTS usai tampil di Grammy 

Pesaing Swift dalam kategori album terbaik dan juga beberapa nominasi lain adalah Dua Lipa yang juga mendapat lima nominasi. Selain itu, Swift juga harus mengalahkan Coldplay, Jhené Aiko, Jacob Collier, HAIM dan Black Pumas.

Sementara itu, grup idola K-Pop berhasil masuk dalam jajaran nominasi Grammy untuk penampilan duo/grup pop terbaik untuk lagu tunggal berbahasa Inggris pertama mereka "Dynamite".

Dua Lipa dan Post Malone adalah satu-satunya yang bersaing ketat di ketiga kategori untuk semua genre teratas yang terbuka untuk mereka yakni rekaman, lagu, dan album terbaik. Tahun lalu, Eilish menyapu ketiga kategori tersebut dan lebih banyak lagi.

Lady Gaga dan Harry Styles bersaing dalam dua nominasi yakni kategori album vokal pop terbaik dan album vokal solo terbaik, yang melibatkan Dua Lipa, Swift, Eilish, Doja Cat dan Bieber. Nominasi lain untuk Gaga adalah duo/ grup pop lewat "Rain on Me" bersama Ariana Grande.

Mendapatkan ulasan terbaik tahun ini tidak selalu berarti nominasi Grammy, terutama jika menyangkut artis veteran, yang biasanya tidak memiliki pertunjukan seperti dulu di Grammy. "Rough and Rowdy Ways" Bob Dylan tidak menghasilkan satu pun nominasi.

"Fetch the Bolt Cutters" dari Fiona Apple, album dengan angka tertinggi tahun ini di Metacritic, yang diprediksi oleh banyak orang sebagai album tahun ini, harus puas dengan tiga nominasi di divisi rock dan alternatif.

Untuk segmen In Memoriam, penghargaan ini akan diberikan kepada John Prine, Juice WRLD, Pop Smoke, dan Leonard Cohen.


Baca juga: Chris Cornell, "Posthumous" Grammy Awards 2020

Baca juga: Tampil pertama setelah overdosis, Demi Lovato menangis

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

2 BTS di Papua terbakar, polisi duga pelakunya KKB

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar