FPPP DPR Usulkan Lima Kriteria Calon Menkeu

Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPR Romahurmuziy mengatakan, fraksinya mengusulkan lima kriteria calon Menteri Keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati.

"Dari lima kriteria itu, pertama, memiliki latar belakang akademik di bidang fiskal dan moneter," kata Romahurmuziy melalui surat elektronik (email), Kamis.

Kedua, kata dia, memiliki pengalaman empirik dalam pengelolaan fiskal di tingkat nasional. Ketiga, memiliki pengalaman kepemimpinan organisasi yang tegas dan rekam jejak yang baik agar dapat diterima pasar.

Keempat, memiliki hubungan yang baik dengan lembaga keuangan multilateral. Kemudian kelima, katanya, mampu membangun hubungan harmonis, secara internal dengan mitra kerja sesama kementerian dan lembaga serta secara eksternal dengan DPR yang memiliki hak pengawasan.

Dikatakan Romy, panggilan akrab Romahurmuziy, tugas utama Menteri Keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati adalah melanjutkan penataan kelembagaan yakni reformasi birokrasi, terutama di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai dari praktik makelar kasus.

Tugas lainnya, kata dia, meningkatkan rasio pajak secara bertahap dan terukur mulai pada APBN 2011 serta melakukan harmonisasi pos tarif sejalan dengan strategi industrialisasi nasional.

Sri Mulyani memilih mundur dari jabatan Menteri Keuangan dan akan menempati jabatan baru sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia mulai 1 Juni mendatang.

(T.R024/Z002/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar