Sidoarjo (ANTARA News) - Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Muslim, Waru, Sidoarjo, memiliki cara tersendiri dalam menyambut kelulusan yaitu dengan mencuci motor serta menyuapi guru dengan nasi kuning.

Salah seorang siswa SMP Al Muslim, Farida, Jumat, mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas kelulusan yang mereka terima.

"Kami bersyukur bisa lulus seratus persen dari dua puluh lima siswa yang mengikuti ujian nasional pada tahun ini," ujarnya.

Menurut dia, cara merayakan kelulusan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang baik tanpa harus merugikan orang lain.

"Salah satunya dengan mencuci motor para guru dan juga menyuapi guru sebagai bentuk rasa terima kasih atas jasa para guru yang selama ini telah membimbing kami," paparnya sambil tersenyum.

Ia menjelaskan, pada kelulusan ini, mereka sengaja tidak melakukan aksi corat-coret serta melakukan konvoi seperti yang dilakukan oleh sebagian siswa yang lain.

Menurut dia, usaha yang telah dilakukan selama ini sudah maksimal. Sehingga, hasil kelulusan ini sudah sepatutnya dirayakan dengan cara yang baik pula.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Al Muslim, Suwandi, mengatakan, kelulusan siswa ini sudah tidak seharusnya dilakukan dengan cara hura-hura.

"Salah satunya bisa dilakukan dengan cara yang lebih baik seperti syukuran dan juga berbagai kegiatan yang berguna tanpa harus merugikan orang lain," tuturnya

Ia menjelaskan, dengan adanya kelulusan seratus persen ini diharapkan bisa mencetak generasi muda yang bagus dan bermartabat.
(C004/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010