Mexico City (ANTARA News/Reuters) - Meksiko mengesktradisi seorang mantan gubernur ke Amerika Serikat, Sabtu, untuk menghadapi tuntutan atas kasus penyelundupan obat terlarang.

Mantan gubernur itu dituduh membantu memindahkan ratusan ton kokain Kolombia ke Amerika melalui tempat peristirahatan di Karibia, Cancun.

Mario Villanueva, gubernur dari negara bagian Quintana Roo periode 1993-1999, diserahkan ke badan Amerika Serikat di bandara di Toluca, timur ibukota Meksiko, menurut pernyataan kantor penuntut umum Meksiko.

Villanueva menjalani hukuman enam tahun penjara karena kasus pencucian uang setelah ditangkap di Cancun pada 2001. Setelah dibebaskan dari penjara pada 2007, ia ditahan dengan tuduhan keterlibatan dalam penyelundupan obat terlarang dan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Kantor penuntut umum, yang mengutip laporan penyelidikan Amerika Serikat, mengatakan bahwa Villanueva menerima lima ratus juta dolar AS untuk setiap kapal kokain yang dia ijinkan melalui negara bagiannya.

Cancun, kota paling populer Quintana Roo, menarik ratusan wisatawan asing setiap tahunnya, yang terpesona oleh pantai pasir putih dan laut birunya.

Hampir seluruh kokain yang dikonsumsi di Amerika Serikat, diselundupkan melalui Meksiko. Dalam beberapa tahun terakhir, transaksi bernilai jutaan dolar itu telah memicu perang berdarah di Meksiko ketika para kartel obat terlarang saling berebut kendali di rute penyelundupan.

Lebih dari 22 ribu orang telah tewas dalam aksi kekerasan terkait dengan obat terlarang sejak Presiden Felipe Calderon berkuasa pada Desember 2006.
(Uu.G003/C003/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010