Roma (ANTARA News/RIA Novosti-OANA) - Perdana Menteri (PM) Italia, Silvio Berlusconi, batal menghadiri peringatan Hari Kemenangan di Moskow karena resesi keuangan di Eropa saat ini, kata pernyataan kantor perdana menteri itu, Ahad.

Berlusconi, bersama dengan para pemimpin Eropa lain, saat ini ikut ambil bagian dalam sejumlah prakarsa untuk mengatasi krisis keuangan, yang memerlukan perhatian dan koordinasi khusus, kata pernyataan itu.

Presiden Prancis, Nicholas Sarkozy, juga membatalkan kehadirannya dalam acara peringatan kemenangan Rusia dalam Perang Dunia II atas Jerman itu, yang berlangsung di Moskow, dengan alasan serupa.

Pada Sabtu, sumber pemerintah Italia mengatakan, pembatalan kunjungan ke Rusia itu berkaitan dengan kelanjutan konsultasi dengan para pemimpin Uni Eropa, mengenai meningkatnya ancaman krisis utang zona euro.

Berlusconi menurut rencana akan berkunjung ke Rusia untuk menghadiri peringatan 65 tahun kemenangan Soviet atas Nazi Jerman.

PM Italia bersama para pemimpin 16 negara yang menggunakan mata uang tunggal, euro, pada Jumat mengatakan, mereka siap mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi stabilitas zona euro dari krisis keuangan di Yunani.

Usulan-usulan itu, yang rinciannya belum dipublikasikan, akan diajukan kepada 27 menteri keuangan Uni Eropa untuk disahkan.
(T.H-AK/H-RN/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010