Barcelona (ANTARA News/AFP) - Mark Webber meraih kemenangan pertamanya musim ini dan ktiga dalam karirnya, Minggu, ketika ia mempersembahkan kemenangan di Grand Prix Spanyol untuk Red Bull.

Pembalap Australia berusia 33 tahun itu, yang meulai balapan dari start terdepan untuk ketiga kalinya, memanfaatkan keuntungan dari posisinya dalam membalap di putaran pertama, mengatasi semua serangan di tikungan, dan melaju mulus di sirkuit.

Kemenangan tersebut merupakan kmenangan pertamanya sejak Grnd Prix Brasil tahun lalu setelah ia menjadi juara pertama dari Australia sejak alan Jones tahun 1981, saat ia meraih kemenangan perdana di Jerman-- dan akan menyuntik keyakinan tak tenilai harganya dalam usahanya menjuarai kejuaraan tersebut.

Webber finish dengan catatan waktu 24 detik lebih cepat dari juara dunia dua kali dari Spanyol, Fernando Alonso, dari tim ferrari, yang mengambil keuntungan dari dua insiden dramatis untuk menanjak dari posisi keempat dan memberikan hiburan bagi para penonton di Catalan itu.

Pembalap Inggris Lewis Hamilton dari tim McLaren tampaknya pasti menempati posisi kedua sampai ban mobilnya mengalami kebocoran dua putaran menjelang berakhirnya balapan 66 putaran tersebut dan keluar dari lintasan dan roda depan sebelah kirinya hampir keluar dari mobilnya.

Kejadian ini memungkinkan Alonso untuk menempati posisi kedua dan juga memungkinkan rekan satu tim Webber di Red Bull, pembalap Jerman Sebastien Vettel, menempati posisi ketiga meskipun harus melakukan "pit-stop" tambahan di tahap penutupan setelah ia tergelincir ke lapangan berumput.

Juara tujuh kali dari Jeman, Michael Schumacherf (41) brada di urutan keempat, mengungguli juara berthan dari Inggris, Jenson Button.

Pembalap Brasil Felipe Massa di posisi keenam, didepan pembalap Jerman Adrian Sutil dari tim Force of India, di urutan ketujuh pembalap Polandia Robert Kubica dari tim Renault, dan pembalap Brasil Rubens Barrichello dari Williams di posisi kesembilan, meskipun start hampir dari urutan paling belakang.

Pembalap Spanyol lainnya, Jaime Alguersuari, berda di urutan ke-10 untuk Toro Rosso dan mendapat satu angka.

Kemenangan Webber ini mengangkatnya menjadi salah satu calon juara kejuaran tersebut, yang masih dipimpin oleh Button dengan 70 angka, sedangkan alonso berda di tempat kdua dengan 67 angka. di klasemen konstruktor, McLaren memimpin dengan 117 angka dan Ferrari di posisi kedua dengan 116 angka.

(Uu.S005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010