Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang menyeleksi calon juru bicara kepresidenan bidang hubungan luar negeri yang akan menggantikan Dino Patti Djalal yang telah mengikuti uji kelayakan sebagai calon duta besar.

Menurut Dino di Kantor Kepresidenan di Jakarta, Senin, pengganti dirinya sudah pasti seorang diplomat karir dari Kementerian Luar Negeri.

Juru bicara Kepresidenan bidang luar negeri yang baru nanti, lanjut dia, sudah pasti harus bisa menjembatani antara kementerian luar negeri dan kantor kepresidenan guna memperlancar semua pekerjaan kepala negara.

"Proses seleksinya sudah berjalan untuk pengganti saya, calonnya ada beberapa orang dari Kementerian Luar Negeri. Nanti akan diumumkan pada waktunya," tutur Dino.

Dino mengatakan Presiden Yudhoyono telah mendapatkan masukan dari Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa tentang calon yang tepat untuk menggantikan dirinya.

Namun ia tidak bersedia mengatakan nama-nama calon yang telah menjalani seleksi tersebut.

Dino mengaku belum bisa memastikan apakah ia sudah pasti akan ditempatkan sebagai duta besar Indonesia di Amerika Serikat setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR pada pekan lalu.

"Keputusannya bukan urusan saya. Ke mana pun ditugaskan Presiden akan saya lakukan," ujarnya.

(T.D013/B013/S026)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010