Kabareskrim Komjen Listyo Sigit raih "Top 10 Most Outstanding People"

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit raih "Top 10 Most Outstanding People"

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) -
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit mendapat penghargaan 'Top 10 Most Outstanding People' karena dinilai berhasil membenahi dan membawa institusi Bareskrim Polri semakin profesional dan juga keberaniannya dalam mengungkap kasus besar.
 
Ketua Dewan Redaksi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Infobank Eko B Supriyanto di Jakarta, Kamis, menyebutkan penghargaan diberikan dalam agenda webinar 'Executive Lecture: Membangun Manusia Indonesia yang Sehat, Humanis, Profesional, dan Berintegritas'. Agenda diselenggarakan secara virtual.
 
"Top 10 Most Outstanding People adalah daftar 10 tokoh nasional yang luar biasa. Mereka dipilih karena memiliki peran di bidangnya dengan dedikasi maupun kemampuan yang luar biasa, dan dengan hasil maupun cara yang lebih unggul dari orang lain," kata Eko B Supriyanto.
 
Nama Komjen Listyo Sigit sendiri dipilih karena sejumlah alasan. Dia dinilai berhasil membenahi institusi Bareskrim secara profesional.
Hasilnya dibuktikan dengan keberhasilan menangkap buron 11 tahun kasus Bank Bali Djoko Tjandra, bahkan turut membongkar oknum jenderal yang terlibat kasus Djoko Tjandra.
 
Komjen Listyo Sigit dan 9 tokoh lain yang terpilih memiliki latar-belakang dan pengabdian yang berbeda-beda, baik di bidang sosial, politik, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan pers.
 
Mereka dinilai memiliki komitmen tinggi dan sangat kapabel di bidangnya. Karena tanggung jawab dan integritasnya, mereka dipandang positif oleh masyarakat, sehingga memiliki kepercayaan sosial yang tinggi.
 
"Antusiasme mereka untuk kemajuan bangsa tak hanya memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di negeri ini, tapi juga mampu memberikan inspirasi bagi orang lain untuk turut membangun negeri ini," kata Eko
 
Tak hanya itu, mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga dinilai berhasil membenahi tata kelola pertambangan timah di sejumlah lokasi pertambangan yang sebelumnya dilaporkan ada praktik kartel dan monopoli.
Lebih lanjut, Eko menjelaskan 10 tokoh yang masuk daftar Top 10 Most Outstanding People itu yakni, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.
 
Berikutnya Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Founder Panin Bank Mu'min Ali Gunawan, Mantan Direktur Utama BRI Sofyan Basir dan Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei.
 
Pada posisi ke delapan terdapat nama Ketua Umum Gerakan Pakai Masker (GPM) Sigit Pramono. Selanjutnya, Jurnalis senior dan Dubes RI di Singapura Suryopratomo, dan pendiri sekolah gratis Undang Suryawan.
 
"Semoga pemberian penghargaan secara virtual ini tidak mengurangi penghormatan dan apresiasi kami kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar dan inspirasi untuk bangsa ini," ucapnya.
 
Dalam sambutannya, Komjen Listyo Sigit mengaku bersyukur. Bagi mantan Kadiv Propam Polri dan mantan Kapolda Banten tersebut penghargaan yang didapatnya bukan hanya untuk dirinya semata namun juga untuk Polri, khususnya jajarannya di Bareskrim.
 
"Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada tuhan Yang Maha Kuasa, saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan oleh Infobank," kata Komjen Listyo Sigit
Dia menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir secara langsung untuk mengikuti acara karena masih mengikuti acara Asean Ministerial Meeting on Transnational Crime ke-14.
 
"Yang diikuti secara langsung oleh kepala kepolisian di tingkat negara-negara ASEAN," kata Komjen Listyo Sigit.
 
Baginya penghargaan itu sungguh merupakan sebuah kehormatan, bukan hanya bagi dirinya namun juga bagi institusi Polri khususnya jajaran Bareskrim.
 
Pemberian penghargaan Top 10 Most Outstanding People tahun ini memasuki tahun ketiga. Pemberian penghargaan pertama kali digelar pada 2018 di Grand Hyatt Hotel, Jakarta.
 
Penerima penghargaan saat itu di antaranya Presiden Jokowi, mantan Wapres Boediono, Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo, dan founder Gojek Nadiem Makarim.
 
Sementara, pemberian penghargaan tahun kedua digelar 2019 di Financial Club Graha Niaga, Jakarta. Penerima penghargaan saat itu di antaranya Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Direktur Utama Bulog Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.
 
Pemberian penghargaan pada 2020 dilakukan secara daring karena adanya kebijakan jaga jarak akibat pandemi COVID-19.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polri dan KPU RI bahas kesiapan penyelenggaraan pilkada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar