Jakarta (ANTARA News) - Badan Tim Nasional (BTN) memutuskan pelaksanaan "training center (TC) bagi pemain timnas sepak bola yang akan bertanding pada beberapa kejuaraan internasional dimulai 2 Juni 2010.

Ketua BTN Iman Arief di Jakarta, Senin mengatakan, TC digelar setelah kompetisi sepak bola di Indonesia selesai. Sesuai dengan jadwal kompetisi IndonesiA Super League (ISL) musim ini berakhir 30 Mei nanti.

"Pada tahap awal kami akan menyeleksi sekitar 50 pemain. Nantinya kami hanya akan mengambil 22 pemain yang masuk TC," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, untuk menyeleksi pemain yang masuk timnas jangka panjang selain melibatkan pelatih, juga akan melibatkan beberapa pihak diantaranya tim "sport sains".

Khusus untuk pelatih, PSSI telah menetapkan pelatih asal Austria Alfred Riedl untuk menangani timnas U-23 dan senior. Sedangkan asisten pelatih akan ditunjuk sendiri oleh pelatih.

"Untuk asisten pelatih baru Pikal yang telah resmi dikontrak. Untuk dua asisten lainnya masih dalam seleksi," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, saat ini ada 16 orang yang diseleksi untuk menjadi asisten mantan pelatih timnas Laos dan Vietnam itu. Hanya saja untuk keputusan akhir tetap ditangan pelatih.

Calon asisten pelatih yang diseleksi berasal dari pelatih lokal yang selama ini telah berkecimpung didunia kepelatihan di Indonesia diantaranya Danurwindo, Herry Kiswanto, Fachri Husaini dan Sutan Harhara.

Timnas dibawah asuhan Alfred Riedl akan menjalani TC jangka panjang. Tim ini diharapkan mampu memberikan hasil terbaik pada pertandingan internasional diantaranya adalah Piala AFF, Pra Olimpic dan SEA Games 2011 nanti.
(B016/T009)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010