Tasikmalaya (ANTARA News) - Petugas sensus penduduk pada pendataan tahap pertama menemukan identitas tiga orang wanita berusia 100 tahun lebih di satu lokasi Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa.

Petugas sensus di kawasan Kecamatan Cikatomas, Munir Hidayat mengatakan ketiga wanita tersebut yakni Minah berusia 120 tahun, Kalsem berusia 115 tahun serta Suki berusia 107 tahun semuanya terdapat di satu lokasi Desa Cogreg dengan kondisi yang tampak sehat.

"Kami petugas di lapangan menemukan data usia tiga wanita itu lebih dari 100 tahun," katanya.

Penemuan identitas warga tersebut, Munir langsung melakukan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya, karena berdasarkan peraturan warga dapat terdata dengan batas usia maksimal 100 tahun.

"Ya kita tidak tahu apakah mencantumkan 99 tahun atau bagaimana, makanya saya langsung koordinasi," katanya.

Sementara itu terkait tiga wanita tersebut, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Abdul Hadi (61) membenarkan Minah berusia 120 tahun merupakan wanita tertua di daerahnya.

Berdasarkan keterangan keluarga ketiga nenek tersebut, serta tokoh masyarakat lainnya menyatakan kebenaran usianya lebih dari 100 tahun.

"Pengakuan dari keluarganya juga seperti itu, usianya sudah 120 tahun," katanya.

Sementara itu pengakuan dari anak pertama Minah, Sukaesih (80) berdasarkan catatan keluarga Minah dilahirkan sebelum tahun 1900 dan pernah mengalami masa penjajahan Belanda, Jepang hingga proklamasi kemerdekaan.

"Catatan resminya saya tidak punya namun setahu saya emak dilahirkan sebelum tahun 1900," kata Sukaesih yang sudah memiliki uyut.

Sementara itu, pengakuan dari beberapa warga dan keluarga ketiga wanita tua itu, sosok Minah merupakan orang tertua di dunia yang masih hidup hingga sekarang.(Ant/R009)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010