Kemarin, evaluasi PSN dan klaim asuransi naik akibat COVID-19

Kemarin, evaluasi PSN dan klaim asuransi naik akibat COVID-19

Petugas kebersihan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/9/2020). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (27/11) kemarin, mulai dari evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga klaim meninggal dunia yang dibayarkan industri asuransi jiwa yang naik akibat COVID-19.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Telkom dan Finch Capital garap potensi bisnis startup di Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya MDI Ventures perusahaan modal ventura bersama dengan Finch Capital perusahaan teknologi keuangan berkolaborasi meluncurkan Arise Fund yaitu perusahaan pendanaan tahap awal bagi para startup teknologi Indonesia.

“Kerja sama ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk menciptakan ekosistem teknologi digital yang sehat dan terus berkembang, demi memperkuat ekonomi digital Indonesia serta membangun sektor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang modern,” Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.

2. Kemenko Perekonomian: UU Cipta Kerja mudahkan perizinan untuk usaha

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan bahwa tujuan utama adanya UU Cipta Kerja memudahkan perizinan untuk membuka usaha baru, mendorong penciptaan lapangan kerja dan mendukung pemberantasan korupsi.

"Dengan UU Cipta Kerja, iklim usaha akan menjadi lebih baik, perizinannya menjadi lebih cepat, menjadi lebih gampang, tidak berbelit belit lagi, sebagai contoh untuk UMKM tidak perlu izin, hanya terdaftar saja. Kemudian jika ingin mendirikan Perseroan atau PT bisa satu orang, sekarang ada PT perorangan namanya, padahal kita tahu sebelumnya mendirikan PT itu modal disetornya aja Rp50 miliar, beberapa orang," kata Iskandar saat ditemui dalam acara serap aspirasi Implementasi UU Cipta Kerja Sektor Pajak, dan Retribusi Daerah, Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah serta Ketenagakerjaan, Badung, Jumat.

3. AAJI catat klaim meninggal dunia naik 17,4 persen akibat COVID-19

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat total klaim meninggal dunia yang dibayarkan industri asuransi jiwa pada kuartal III-2020 mencapai Rp8,80 triliun atau naik 17,4 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama 2019 yang tercatat Rp7,49 triliun akibat pandemi COVID-19.

“Polis individu dengan koordinasi rumah sakit memang ada peningkatan pembayaran klaim khususnya kesehatan, sebagian terkait COVID-19,” kata Kepala Bidang Keuangan, Pajak, dan Investasi AAJI Simon Imanto pada pemaparan kinerja AAJI secara virtual di Jakarta, Jumat.

4. Pemerintah terbitkan Perpres 109/2020 dorong pelaksanaan PSN

Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 untuk mendorong percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagai hasil dari evaluasi terhadap 269 usulan proyek dari kementerian, pemerintah daerah, BUMN, dan swasta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) pada awal 2020 dimandatkan melakukan evaluasi atas usulan PSN.

5. IHSG akhir pekan menguat di tengah aksi jual asing

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan menguat di tengah aksi jual oleh investor asing.

IHSG Jumat sore ditutup menguat 23,42 poin atau 0,41 persen ke posisi 5.783,34. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 0,67 poin atau 0,07 persen ke posisi 920,11.


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PSBB Jawa-Bali, Airlangga : IHSG positif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar