Semarang (ANTARA News) - Mantan pebulutangkis nasional Hastomo Arbi meminta tim Thomas Indonesia mewaspadai Jepang yang akan dihadapi pada semifinal perebutan piala lambang supremasi bulutangkis beregu putra dunia di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Saya yakin dengan materi pemain yang berkualitas seperti sekarang ini, Jepang mampu mengatasi Jerman pada babak perempat final dan akan bertemu Taufik Hidayat dan kawan-kawan pada babak empat besar atau semifinal," kata Hastomo yang dihubungi dari Semarang, Rabu.

Menurutnya, Jepang memiliki pemain yang kuat untuk nomor tunggal pertama, Kenichi Tago yang merupakan finalis All England 2010.

Saat lawan Malaysia pada babak perempat final, pemain ini memang kalah dari Lee Chong Wei, 12-21,13-21.

"Saya kira kekalahan itu wajar karena Lee merupakan tunggal terbaik dunia saat ini. Tetapi apabila bertemu Indonesia maka yang bersangkutan akan bertemu Taufik Hidayat dan peluangnya fifty-fifty," kata pahlawan Piala Thomas 1984 itu.

Asisten Manajer PB Djarum Kudus ini menilai tunggal kedua Jepang, Sho Sasaki juga cukup kuat terbukti mampu mengalahkan tunggal kedua Malaysia, Wong Choon Han dengan dua set langsung, 21-17,21-18.

Menurut dia, apabila Sonny Dwi Kuncoro tidak bisa dimainkan maka Sho Sasaki akanb bertemu tunggal kedua Indonesia, Simon Santoso. "Saya kira peluang Simon untuk menang atas Sho Sasaki 55:45," katanya.

Kemudian, kata dia, pasangan Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto (ganda pertama) dan Kenichi Hayakawa/Kenta Kazuno (ganda kedua) juga kuat, bahkan mereka berhasil mencuri satu angka saat melawan Malaysia.

"Kita harus menurunkan susunan pemain terbaiknya saat melawan Jepang. Peluang kita untuk mengalahkan mereka memang ada tetapi harus dengan kerja keras karena Jepang bukan lawan yang ringan bagi INdonesia," katanya.

Kakak juara dunia 1993 Heryanto Arbi tersebut mengatakan, Indonesia harus menyapu bersih dua nomor ganda dan mengambil satu nomor tunggal karena Jepang nomor tunggal mereka lebih kuat dibandingkan gandanya.

Ia menyebutkan, ganda pertama Indonesia Markis KIdo/Hendra Setiawan sudah tidak bisa diubah lagi sedangkan untuk ganda kedua masih bisa diubah tergantung strategi pelatih.

Saat melawan India pada babak penyisihan grup, ganda kedua yang dimainkan adalah pasangan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan tetapi pada saat melawan Australia adalah pasangan Nova Widianto/Mohammad Ahsan, kemudian saat menghadapi India pada babak perempatfinal adalah Nova Widianto/Mohammad Ahsan.

Tim Thomas Indonesia berhasil melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan India 3-0 pada perempatfinal untuk berjumpa Jepang atau Jerman. (*)

ANT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010