Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim putri Indonesia akan bermain tanpa beban menghadapi enam kali juara berturut-turut, China pada semifinal Piala Uber di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (13/5).

Manajer tim Uber Indonesia Djendjen Djaenanasri mengatakan, meskipun berat, tim Indonesia akan bermain lepas dan tetap berjuang habis-habisan melawan tim yang dua tahun lalu mengalahkan Indonesia di final itu.

"Untuk melawan China memang berat, tetapi bukan berarti kalah sebelum bertanding. Kami akan memberi perlawanan sepenuhnya," ujar Djendjen setelah tim Indonesia memastikan tempat di semifinal dengan mengalahkan tim tuan rumah Malaysia 3-0.

Meski demikian, ia menambahkan bahwa tim Indonesia akan realistis dengan kemampuan tim saat ini yang di atas kertas masih jauh di bawah China.

Dalam dua pertemuan terakhir dengan tim China di luar babak penyisihan Piala Uber, Indonesia kalah masing-masing 1-4 pada final 1998 final Hong Kong dan 0-3 di Jakarta dua tahun lalu.

Tunggal putri ketiga Indonesia, Maria Kristin yang pernah mengalahkan pemain China di Olimpiade Beijing untuk merebut medali perunggu mengatakan akan bermain tanpa beban melawan pemain China.

Jika diturunkan sebagai tunggal ketiga, Maria kemungkinan akan melawan Wang Shixian atau Jiang Yanjiao, tetapi jika tampil sebagai tunggal kedua ia berpeluang bertemu pemain peringkat dua dunia Wang Xin.

"Dengan pemain-pemain itu saya belum pernah menang," kata Maria.

Maria dikalahkan Wang Shixian di babak kedua China Super Series 2009, dengan Wang Xin, Maria kalah di putaran pertama Hong Kong Super Series 2009.

Pada ganda, pelatih ganda putri Aryono Miranat mengatakan, untuk menghadapi ganda China, pasangan Indonesia harus bermain berani dan terus melawan. "Pokoknya melawan China jangan mau kalah," katanya.

Berikut ini prakiraan susunan tim Indonesia melawan China pada semifinal Piala Thomas, Rabu:

Indonesia v China
  • Tunggal pertama: Maria Febe Kusumastuti v Wang Yihan
  • Ganda pertama: Greysia Polii/Meiliana Jauhari v Ma Jin/Wang Xiaoli
  • Tunggal kedua: Adriyanti Firdasari v Wang Xin
  • Ganda kedua: Shendy Puspa Irawati/Liliyana Natsir v Du Jing/Yu Yang
  • Tunggal ketiga: Maria Kristin v Jiang Yanjiao

(T.F005/A035/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010