Bengkulu (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu membuka program magang kerja ke Jepang hingga akhir Mei 2010, walaupun hingga sekarang peminat mendaftarkan diri sudah mencapai 300 orang.

"Jika masih ada warga yang berminat, silakan datang mendaftar langsung ke Kantor Disnakersostrans Provinsi Bengkulu. karena kantor dinas di daerah tidak menerima pendaftaran," kata Kadisnakersostrans Bengkulu Joko Hendro. Kamis.

Setelah pendaftaran di tutup, peserta akan diseleksi kembali dari segi administrasi maupun keterampilan kerja. Tim seleksi didatangkan langsung dari Jepang dan dibantu oleh PNS Disnakersostrans.

Seleksi bagi para tenaga kerja Indonesia itu dijadwalkan akhir Juni hingga awal Juli 2010.

Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pelatihan keterampilan sesuai dengan bidang kerja yang tersedia di Jepang dan diberangkatkan ke negeri Sakura itu akhir 2010.

Persyaratan untuk menjadi tenaga magang kerja ke Jepang tergolong mudah, asalkan belum menikah serta disiplin dalam bekerja serta mempunyai kemampuan fisik yang prima.

Masa kerja minimal dua tahun dan bisa diperpanjang jika perusahaan tempat bekerja dapat menerima dan peserta menunjukkan kinerja bagus.

Bagi pelamar yang telah diterima, tetapi ketika sampai di Jepang ingin kembali, maka tenaga kerja tersebut dianggap ilegal, otomatis Disnakertrans Bengkulu tidak bertanggungjawab atas tenaga kerja tersebut.

"Periode lalu, sebanyak 90 orang yang berasal dari Bengkulu diterima kerja di Jepang, tahun ini diharapkan lebih banyak lagi," ujar Joko dengan tidak menjelaskan jumlah yang akan diterima tahun ini.(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010