Jakarta (ANTARA) - Hoffenheim bangkit dari ketertinggalan untuk menahan imbang Mainz 1-1 dalam pertandingan terakhir putaran kesembilan Liga Jerman di Stadion Opel Arena, Mainz, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Hasil itu membawa Hoffenheim menghuni posisi ke-12 dengan sembilan poin, sedangkan Mainz tetap berada di posisi ke-16 dengan lima poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Sejak awal tuan rumah Mainz mengandalkan pertahanan mereka untuk kemudian melancarkan serangan balik setiap memiliki kesempatan. Rencana itu berjalan lancar, dengan Jean-Philippe Mateta memaksa kiper Oliver Baumann menahan tandukannya pada awal laga.

Baca juga: Imbang lawan Hertha, Leverkusen perpanjang rekor tak terkalahkan

Mateta kemudian melepaskan sepakan melebar saat ia berada di depan gawang Hoffenheim. Tim tamu mendapatkan peluang pertama mereka, melalui sundulan Stefan Posch yang masih dapat diredam kiper Robin Zentner.

Mainz memecah kebuntuan pada menit ke-33 melalui Robin Quaison. Mateta mengirimkan operan tumit ke kotak penalti yang dapat disambar oleh Quaison menjadi gol pembukaan. Hoffenheim memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan sebelum turun minum, namun sepakan Ihlas Bebou dapat digagalkan Zentner dan bola tembakan Dennis Geiger dapat disapu Alexander Hack sebelum melintasi kotak penalti.

Tim tamu tetap mendominasi penguasaan bola pada babak kedua. Robert Skov dimainkan sembilan menit setelah turun minum, dan masuknya ia berandil dalam membongkar pertahanan Mainz. Hoffenheim kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-62 saat Andrej Kramaric mengoperkan bola kepada Ryan Sessegnon di sisi kiri, yang diteruskan dengan umpan silang untuk disambut Bebou yang menciptakan gol penyama kedudukan.

Baca juga: Hoffenheim rebut tiket 32 besar setelah taklukkan Liberec 2-0

Hoffenheim harus memainkan sepuluh menit terakhir laga dengan sepuluh pemain setelah Dennis Geiger diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Karim Onisiwo. Namun Mainz tidak mampu berbuat banyak meski unggul jumlah pemain, dan harus puas kembali hanya mendapat satu poin.

Pada putaran kesepuluh Liga Jerman, Hoffenheim akan menjamu Augsburg pada Senin (7/12) setelah mereka melawat ke markas Red Star Belgrade di ajang Liga Europa pada Kamis (3/12). Sedangkan Mainz akan bertarung melawan sesama tim zona degradasi Arminia Bielefeld pada Sabtu (5/12).

Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern mulai menjauhi kejaran para rival

Susunan pemain:

Mainz 05 (3-4-3): Robin Zentner, Jerry St Juste, Alexander Hack, Moussa Niakhate, Levin Mete Oztunali (Jonathan Burkardt 69'), Leandro Bareiro, Edimilson Fernandes (Pierre Kunde 79'), Daniel Brosinski (Aaron Caricol 86'), Jean-Paul Boetius (KEvin Stoeger 86'), Jean-Philippe Mateta, Robin Quaison (Karim Onisiwo 78')
Pelatih: Jan-Moritz Lichte

Hoffenheim (4-4-2): Oliver Baumann, Stefan Posch, Kasim Adams, Kevin Akpoguma, Ryan Sessegnon, Diadie Samassekou, Dennis Geiger, Christoph Baumgartner (Sebastian Rudy 77'), Florian Grillitsch (Robert Skov 54'), Ihlas Bebou (Munas Dabur 77'), Andrej Kramaric (Mijat Gacinovic 90')
Pelatih: Sebastian Hoeness

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020