Semarang (ANTARA News) - Mantan pebulutangkis nasional, Hastomo Arbi, mengatakan bahwa tim Thomas Indonesia harus memenangi dua partai ganda saat bertemu China di final, Minggu (16/5).

"Saya lihat tiga tunggal mereka sangat kuat sehingga untuk bisa menang lawan China maka dua partai ganda harus bisa diambil semua," kata Hastomo Arbi ketika dihubungi dari Semarang, Jumat.

Kemudian, kata pahlawan Piala Thomas 1984 (mengalahkan Han Jian dari China), satu angka lagi diharapkan dari nomor tunggal. "Saya lihat peluang Simon maupun Hayom lebih besar untuk mengalahkan tunggal kedua dan ketiga China," katanya.

Ia mengatakan, peluang Taufik untuk menang atas tunggal pertama China Lin Dan ada, mengingat penampilan pemain peringkat kelima dunia itu cukup bagus saat menghadapi tunggal pertama Jepang, Kenichi Tago, pada babak semifinal.

"Saya lihat justru peluang untuk mencuri satu nilai dari tunggal ada pada Simon Santoso (kemungkinan bertemu Chen Jin) atau Dionysius Hayom Rumbaka (kemungkinan bertemu Bao Chunlai)," katanya.

Ia berharap pemain ganda putra Indonesia pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan bisa mengalahkan ganda pertama China, Cai Yun/Fu Haifang, kemudian pasangan Nova Widianto/Alvent Yulianto bisa menang atas ganda kedua mereka, Gua Zhendong/Chen Xu.

Tim Thomas Indonesia berhak melangkah ke babak final setelah pada babak semifinal mengalahkan tim Jepang, 3-1. Satu-satunya kekalahan tim Indonesia diderita tunggal kedua, Simon Santoso, yang kalah dari Sho Sasaki dengan tiga set, 19-21, 21-13, 11-21.

Lawan pada partai final mendatang adalah pemenang antara China melawan tuan rumah Malaysia.

Kakak juara dunia 1993, Heryanto Arbi, itu mengatakan, "Kalau melawan tuan rumah Malaysia lebih enak lagi karena untuk nomor tunggal hanya satu yang kuat yaitu juara All England, Lee Chong Wei."

Kemudian tunggal kedua Malaysia, Wong Choong Han, dan ketiganya, Mohd Hafiz Hashim, tidak sekuat tunggal pertama mereka. Wong Choong Han juga kalah dari tunggal kedua Jepang, So Sasaki, kemudian Mohd Hafid juga kalah dari tunggal ketiga Jepang, Shoji Sato, pada babak penyisihan grup.

"Memang kalau boleh memilih, saya lebih senang Taufik Hidayat bertemu tuan rumah Malaysia, tetapi saya merasa yakin juara bertahan China akan bisa mengatasi tim Malaysia," katanya.

(U.H015/D007/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010