Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Paskalis Kossay mengatakan, Pemerintah RI bersama Pemerintah Daerah jangan terkesan membiarkan terus berulangnya perang antar suku di Papua yang berlarut-larut tidak bisa diatasi dengan baik.

Ia mengatakan itu dengan nada sangat menyesalkan, mengomentari berulangkalinya perang antar suku atau di antara dua massa sipil di Kwamki, Timika, dan beberapa daerah lain di sejumlah kawasan Tanah Papua.

"Tapi sebaiknya memang perang suku itu cukup diselesaikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat," ujarnya.

Paskalis Kossay juga berpendapat, Pemda-lah yang harus mencari solusi perdamaian hakiki, dengan pendekatan pembangunan pro pada kepentingan kelompok bertikai tersebut.

"Mari, jangan kesankan adanya pembiaran (oleh aparat pemerintah), sehingga warga sipil merasa terus terpinggirkan dan menikmati ketidakadilan dalam berbagai hal di negara merdeka Indonesia, seperti ketidakadilan di bidang hukum dan keadilan, ketidakadilan di bidang ekonomi dan kesejahteraan serta di bidang politik maupun demokrasi," kata Paskalis Kossay yang merupakan legislator dari Tanah Papua tersebut. (M036/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010