Lusaka, 18 Mei 2010 (ANTARA) - Earthstone Metals Group, ("Earthstone" atau "Perusahaan") dengan gembira mengumumkan prakarsa pengembangan usaha baru dalam operasi pertambangannya di Zambia. "Earthstone Resources (Zambia) Ltd." telah memprakarsai pembangunan Pabrik Peleburan Tembaga Lusaka di Kabwe yang ditargetkan dapat menghasilkan produksi tahunan sebesar 5.000 ton logam tembaga.

     Kawasan industri Kabwe memiliki sejarah lama dalam pemrosesan berbagai jenis bijih tambang, dan sesungguhnya nama Kabwe-Ka berarti 'biji tambang' atau 'melebur'. Salah satu tambang tertua di dunia yaitu tambang seng (Zn) dan timah hitam (Pb) Kabwe saat ini sedang mengalami prosedur pembukaan kembali. Pabrik Peleburan Tembaga Lusaka milik Eathstone terletak di kawasan pertambangan seng dan timah hitam Kabwe, dan saat ini sedang berlangsung kegiatan penggalian yang luas. Bagian analisis Perusahaan telah melakukan evaluasi seksama terhadap situasi ekonomi dan industri Zambia dan berkeyakinan bahwa dalam situasi sekarang cukup layak untuk membuka fasilitas peleburan berskala kecil yang dapat berhasil dalam mengolah bijih tembaga - satu-satunya yang secara ekonomis tidak efektif biaya untuk fasilitas berskala besar yang ada di wilayah itu.

     Sejak hari ini Perusahaan telah membeli dua tungku bertekanan udara dengan kapasitas produksi 4 dan 8 ton logam tembaga; tungku tersebut direncanakan akan mulai beroperasi masing-masing pada akhir Mei dan akhir Juni. Dalam beberapa pekan mendatang pemasangan akan selesai dan pengoperasian peleburan dijadwalkan akan diselenggarakan dalam dua shift. Earthstone telah menempatkan 15 orang karyawan yang kini sedang mengalami pelatihan ekstensif; fasilitas penanganan material tambahan juga sedang dalam tahap pembangunan. Pada saat yang sama, Perusahaan sedang terlibat dalam berbagai macam diskusi dengan para produsen bijih tembaga berkualitas tinggi di Provinsi Tengah dan Barat Laut Zambia dan di Republik Demokratik Kongo.

     Mr. Raju Lalchandani, Direktur Pelaksana, Earthstone Resources Zambia Ltd. memberi tanggapan: "Pabrik Peleburan Tembaga Lusaka merupakan langkah maju dalam prakarsa korporat yang bertujuan untuk memberi nilai tambah pada usaha pertambangan di Zambia. Lokasi Pabrik yang strategis di dalam kawasan pertambangan Kabwe mendukung kemampuan kami untuk menggunakan prosedur dan metode yang sudah mapan, dan menyediakan personel bermutu yang berpengalaman dalam jumlah besar. Prakarsa ini adalah satu unsur lain dalam rangkaian pembangunan yang dilaksanakan oleh pimpinan, penasihat, karyawan, dan mitra Earthstone. Earthstone Metals Group kini sungguh berada dalam perjalanan untuk menjadi salah satu pemain utama di bidang pertambangan di Afrika."

     Tentang Earthstone Metals Group
     Earthstone Metals Group, sebagai bagian dari the Earthstone Group (Earthstone Holdings, Ltd.), adalah perusahaan pertambangan yang memusatkan perhatiannya pada identifikasi dan pengembangan aset pertambangan mineral non-besi di seluruh dunia. Perusahaan ini berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab, dan memiliki berbagai operasi utama di Indonesia. Saat ini perusahaan mengoperasikan tiga konsesi mangan (Mn) di Mansa, provinsi Luapula, Zambia, proyek tembaga Mufumbwe di Zambia, Afrika dan Banten, dan proyek seng (Zn) di Jawa, Indonesia.

     Tentang Earthstone Group
     Earthstone Group adalah kelompok multinasional dengan aneka bidang usaha dan memiliki kehadiran mapan di bidang Tambang dan Mineral, serta mengembangkan kepentingan di bidang Energi, Jalan Raya, Bandara, Pelabuhan, Jaringan Perkeretaapian dan infrastruktur lain yang terkait. Bertindak melalui anak perusahaannya Group ini telah mengamankan 100% Hak Keekonomian di bidang Batubara, Bijih Besi, Bijih Timah Hitam, dan Bijih Mangan di beberapa wilayah di Indonesia. Kami secara aktif mengupayakan peluang di negara Asia dan Afrika untuk Batubaru Coke, Uranium, Emas dan Tambang Batubara Termal.

     Kontak:
     Earthstone Metals Group
     communications@earthstonegoup.com




Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010