Jalur evakuasi di Merapi selesai diperbaiki

Jalur evakuasi di Merapi selesai diperbaiki

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magelang David Rudiyanto (ANTARA/Heru Suyitno)

Kita tangani untuk jalan kabupaten, untuk yang jalan desa ada juga yang rusak
Magelang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Magelang telah selesai melakukan perbaikan jalur evakuasi di kawasan lereng Gunung Merapi, khususnya di wilayah Kecamatan Dukun.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magelang David Rudiyanto di Magelang, Rabu, mengatakan pemeliharaan atau perbaikan jalan, khususnya yang menuju Desa Ngargomulyo, Krinjing, dan Paten di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang sudah selesai dilakukan.

"Jalan yang rusak di kawasan tersebut sudah dilakukan penambalan dan siap digunakan untuk evakuasi warga jika Gunung Merapi sewaktu-waktu erupsi," katanya usai menyampaikan sambutan sebagai alumnus pada wisuda Universitas Tidar (Untidar) di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang.

Namun, katanya, jika rekomendasi meluas untuk desa yang harus mengungsi, khususnya di wilayah Srumbung pihaknya merasa kesulitan.

"Jalur evakuasi, terutama di Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, di sana tidak bisa untuk pemeliharaan, jalan harus dilapis ulang secara total," katanya.

Baca juga: Dishub pasang lampu penerangan jalan di jalur evakuasi Merapi

Jalan sepanjang tiga kilometer di daerah Kemiren rusak parah karena untuk jalur angkutan pasir.

Ia menyampaikan jalur evakuasi itu tidak hanya berupa jalan kabupaten, jalan desa pun bisa digunakan sebagai jalur evakuasi.

"Kita tangani untuk jalan kabupaten, untuk yang jalan desa ada juga yang rusak," katanya.

Menurut dia suatu saat nanti perlu dibicarakan untuk jalur evakuasi itu dibuatkan surat keputusan sendiri, dianggarkan sendiri sehingga tidak ribut kalau ada tanda-tanda terjadi bencana.

"Jadi setiap saat kondisi jalur evakuasi itu mulus dan sewaktu-waktu Gunung Merapi erupsi jalur evakuasi tetap siap," katanya.

Baca juga: Di puncak Gunung Merapi ditemukan banyak longsoran baru
Baca juga: Konsentrasi gas CO2 Gunung Merapi meningkat
Baca juga: Masyarakat umum dilarang masuk barak pengungsian Merapi

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menghidupkan kembali jalur ekonomi Gunung Merapi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar