Tapaktuan (ANTARA News) - Dua dari empat penambang emas yang tertimbun longsor di kawasan pegunungan Panton Luas, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, ditemukan sudah tewas.

Wartawan ANTARA dari Tapaktuan, Selasa, melaporkan, dua korban yang ditemukan itu bernama Karnadi (22), warga Gampong (desa) Trieng Muduro Tunong dan Kafrawi penduduk Gampong Sawang Kuala, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan.

Jasad kedua korban yang sehari-hari berprofesi sebagai penambang tradisional tersebut ditemukan sekitar pukul 04.00 WIB dinihari oleh tim evakuasi.

Sementara dua penambang lainnya yakni Zubir (28) dan Mansur (31) penduduk Gampong Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang belum ditemukan dan dilaporkan masih tertimbun longsor.

Regu penyelamat yang terdiri dari berbagai unsur dan satu unit alat berat dikerahkan untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban yang masih tertimbun di lokasi tersebut.

Aktifitas penambangan tradisional dihentikan sementara, meski tidak ada instruksi resmi dari pihak terkait. Tidak ada aktifitas di lokasi tambang pasca musibah longsor tersebut.

Korban lainnya, Khairunnas warga Pasie Kuala Ba`u, Kecamatan Kluet Utara sudah dievakuasi, Senin, sekitar pukul 20.30 WIB. Korban kini masih dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Yulidin Away (RSUYA) Tapaktuan.

Menurut keterangan, Khairunnas merupakan korban selamat setelah enam jam lebih tertimbun longsor. Peristiwa naas itu terjadi Senin (17/5) sekitar pukul 13.00 WIB.

(T.KR-IRW/S019/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010