Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu sore tiba di Tanah Air dari kunjungan kerja selama tiga hari ke Singapura dan Malaysia.

Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu pukul 15.20 WIB, dan disambut oleh Wakil Presiden Boediono bersama Ibu Herawati Boediono.

Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Singapura untuk bertemu dengan PM Lee Hsien Loong. Sementara di Malaysia bertemu dengan PM Najib Razak serta menghadiri Forum Islam Dunia ke-6 di Kuala Lumpur Convention Centre.

Turut menyambut kedatangan Presiden Menko Kesra Agung Laksono, Menpora Andi Mallarangeng, Pangdam Jaya Mayjen Darpito, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono.

Selama di Singapura, Presiden mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam acara Leaders Retreat dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral yang didampingi para menteri.

Selama pertemuan antarkedua kepala pemerintahan itu dibicarakan berbagai hal di bidang ekonomi, investasi dan perdagangan serta batas maritim dan kerja sama patroli di Selat Malaka.

Sementara di Malaysia, Presiden menghadiri forum konsultasi Indonesia-Malaysia. Dalam konsultasi tahunan itu, Presiden akan bertemu dengan PM Malaysia Datuk Seri Mohd Najib Tun Abdul Razak.

Presiden juga akan menerima kunjungan kehormatan dari Ketua World Islamic Economic Forum Tun Musa Hitam.

Pada hari kedua, 19 Mei 2010, Presiden menghadiri dan menyampaikan pidato pada Forum Islam Dunia ke-6 di Kuala Lumpur Convention Centre.

Volume perdagangan RI-Singapura 2009 berjumlah 58,5 miliar dolar Singapura menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 75,17 miliar sebagai akibat krisis ekonomi global.

Sementara itu investasi Singapura di Indonesia pada 2009 menunjukkan peningkatan peningkatan yaitu sebesar 4,3 miliar dolar AS menduduki peringkat pertama realisasi PMA di Indonesia. Sementara pada 2008 investasi Singapura di Indonesia berjumlah 1,48 miliar dolar AS.

Volume perdagangan Indonesia-Malaysia 2009 berjumlah 12,50 dolar AS menurun dibandingkan 2008 yaitu 15,35 miliar dolar AS. Sementara itu investasi Malaysia di Indonesia 2009 berjumlah 129,32 juta dolar AS menduduki peringkat 10 dalam realisasi PMA.
(T.P008/A041/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010