Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar akun makanan cepat saji berupa roti lapis Subway Indonesia di media sosial Instagram, Kamis (3/12).

Akun itu mengatakan salah satu retail makan cepat saji asal Amerika Serikat itu akan segera membuka gerai di Indonesia.

Akun tersebut menulis bio The Finest Sandwich Coming To Indonesia! (Sandwich terbaik akan datang ke Indonesia).

Hingga 3 Desember 2020, akun tersebut telah diikuti oleh 14,6 ribu orang. Akun itu juga telah menugunggah tiga "feed".

Sejumlah penggemar kuliner di DKI Jakarta di beberapa balasan unggahan akun itu pun menyatakan menanti Subway. Tapi benarkah itu akun resmi Subway Indonesia di Instagram?
 
Tangkapan layar akun instagram yang mengatasnamakam Subway Indonesia. ((Instagram))


Penjelasan:
ANTARA menemukan akun yang mencatut nama Subway itu merupakan akun palsu dan tidak berafiliasi apa pun ke perusahaan makanan cepat saji asal Connecticut AS.

Dalam unggahan singkat atau story di akun tersebut, sang pemilik akun memohon maaf kepada warganet Indonesia karena akun tesebut bukanlah akun sebenernya terkait perusahaan makanan.

Sang pemilik akun @subway_id itu menyatakan akan menghapus akun tersebut dalam 24 jam sejak klarifikasi diunggah. Tapi, ANTARA tidak menemukan akun itu bahkan sebelum waktu yang disebutkan.

Sebelumnya, akun pemandu makanan dan tempat hiburan di Jakarta @jktgo mengindikasikan keraguan terhadap akun Subway Indonesia. Keraguan itu pun terbukti.

"GUYS! Mengenai Subway @subway_id ternyata hoax! Karena sudah masuk media lain juga hemm that's why our team were searching for the final confirmation! Ini admin @subway_id yg post di IG Storynya ternyata akun iseng doang! So it's confirm cuman hoax! :( #jktgo," demikian unggahan di akun @jktgo terkait klarifikasi akun @subway_id
 
Tangkapan layar klarifikasi akun Subway Indonesia bahwa akun tersebut bukanlah resmi yang terafiliasi dengan restoran asal Connecticut AS itu. (Instagram/@subway_id)


Klaim : Akun Instagram Subway Indonesia
Rating: Hoaks


Cek fakta: Polda Papua sebut penembakan di Puncak Ilaga urusan negara? Ini faktanya

Cek fakta: Hoaks, Gatot Nurmantyo tolak penghargaan Bintang Mahaputera

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020