Buenos Aires (ANTARA News) - Petenis Argentina Juan Martin del Potro tidak akan mempertahankan gelar AS Terbuka karena ia masih melanjutkan pemulihan dari cedera pergelangan tangan, kata petenis peringkat lima dunia itu, Rabu.

Del Potro, yang menjalani operasi pada pergelangan tangan kanannya pada 4 Mei, mengatakan, turnamen indoor Paris Terbuka pada November adalah target realistis untuk kembali tampil.

"Jika semuanya berjalan dengan baik, saya akan kembali setelah AS Terbuka," kata Del Potro saat tiba di Buenos Aires usai diperiksa oleh yang mengoperasinya di Amerika Serikat.

AS Terbuka, tempat petenis Argentina dengan "forehand" datar yang keras itu melaju untuk meraih gelar grand slam September lalu dengan bangkit dari ketertinggalan dua set untuk mengalahkan Roger Federer di final, akan dimulai pada 30 Agustus.

"Turnamen tersebut selalu akan sangat spesial bagi saya, sepanjang hidup saya, tetapi saya tidak ingin terburu-buru," kata petenis berusia 21 tahun kepada wartawan di bandara internasional Ezeiza.

"Jika saya harus kembali tahun depan atau di Paris Bercy, saya akan melakukannya," kata Del Potro, mengacu pada Paris Terbuka.

Masalah pergelangan tangan itu mengganggu tangan kanannya sejak sebelum ia tersingkir pada putaran keempat Australia Terbuka pada Januari. Sejak itu ia tidak pernah main.

"Syukurlah, saya sudah menjalani operasi dan semuanya berjalan dengan baik. Sekarang saya hanya harus pemulihan," kata Del Potro, yang akan melanjutkan pemulihannya di kota tempat tinggalnya Tandil, 350 km selatan Buenos Aires.

"Saya tidak ingin putus asa saat rehabilitasi dan saya nyaman dengan fakta bahwa jika saya jalani waktunya saya akan bermain lagi di sirkuit," katanya.

"Saya tahu akan memakan waktu lama untuk kembali berada di antara pemain top seperti saya sebelumnya, tetapi yang lebih saya inginkan dari yang lainnya adalah kembali."

Peluang Argentina untuk mencapai final Piala Davis untuk ketiga kalinya sejak 2006 juga akan berkurang dengan absennya Del Potro dari pertandingan perempat final di Rusia pada Juli. Tim Rusia mengalahkan Argentina pada final 2006 di Moscow.

Reuters/F005/A008

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010