Bangkalan (ANTARA News) - Jajaran reserse dan kriminal (Reskrim) Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis, berhasil menangkap Choirul Anam (25) , pemuda yang melarikan berbagai barang berharga  belasan korbannya yang semuanya  gadis.

Choirul Anam, warga Desa Sambiyen, Kecamatan Konang, Bangkalan tersebut selama ini beraksi dengan cara terlebih dulu berkenalan dengan calon korban lewat facebook.

"Setelah akrab, pelaku mengajak korban jalan-jalan dan di tengah perjalanan tersangka meminjam motor korban lalu dibawa kabur," kata Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Suwarno,

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan sebuah sepeda motor yang diduga merupakan hasil kejahatan.

Suwarno, mengatakan, penangkapan terhadap tersangka merupakan hasil penyidikan polisi  bekerja sama dengan salah seorang korban.

"Kami melacak keberadaan tersangka lewat nomor ponselnya. Korban yang sekaligus pacar tersangka mengajak janjian di salah satu mal Surabaya," kata Suwarno di Bangkalan, Kamis.

Kemudian, sambung Suwarno, tersangka datang untuk menghampiri korban dan polisi meringkusnya lalu  Choirul digelandang ke Mapolres Bangkalan untuk jalani pemeriksaan.

"Hasil pemeriksaan, korban sudah melakukan tindak kejahatan di 13 tempat kejadian perkara (TKP). Dimana tujuh TKP di daerah Bangkalan, sedangkan enam TKP lainnya di Surabaya," ucapnya.

Menurut Suwarno, pelaku sudah mengantongi puluhan juta rupiah hasil dari kejahatannya yang kebanyakan korbannya adalah seorang gadis. Adapun barang yang diincar pelaku yakni motor, HP, dan laptop.

Suwarno menambahkan, tersangka akan dijerat dengan Pasal 372 dan 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman empat tahun hukuman penjara. (ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010