Jakarta (ANTARA News) - Koreografer Prancis, Emanuel Gat, memukau ratusan penonton di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta saat mementaskan tari kolosal tiga repertoir yakni "Voyage d`hiver", "Variations d`hiver", dan "Silent Ballet".

Gat tampil di Jakarta, baru-baru ini, dalam rangka memeriahkan perayaan Festival Seni Budaya Prancis 2010 (Printemp Francais) yang berlangsung sepanjang 27 April hingga 25 Juli mendatang.

Media Relation Festival Kebudayaan Prancis 2010, Atika Suri Fanani, kepada ANTARA News mengungkapkan sebenarnya Gat akan menampilkan salah satu karya besarnya "The Rite of Spring" (Le Sacre du printemps).

"Tapi, karena salah satu penari mengalami cidera dalam pementasan di Taipei, Taiwan dua hari sebelum pementasan ini, maka Emanuel Gat akhirnya mengganti dengan repertoir lainnya yang tak kalah indahnya berjudul `Silent Ballet`," ujar Atika.

Emanuel Gat lahir tahun 1967. Setelah wajib militer, ia memasuki dunia tari untuk pertama kalinya di sebuah workshop untuk amatir. Di usia 23, Gat bergabung dengan Liat Dror Nir Ben Gal, sebuah perusahaan yang mengajaknya tur keliling dunia.

Tak lama setelah itu, Gat mulai bekerja sebagai koreografer independen, ia membuat karya solo pertamanya "Four Dances" tahun 1994 untuk musik karya Bach. Selama 10 tahun kemudian Gat menciptakan sejumlah karya independen.

Gat menerima beasiswa dari Ballet Master Albert Gaubiers tahun 1995 dan Rosenblum Award untuk kategori seni pertunjukan. Pada Januari 2004 ia mendirikan grup tarinya sendiri "Emanuel Gat Dance" yang telah menghasilkan enam karya tari dan melakukan tur keliling dunia.

"Silent Ballet" yang dipentaskan di Jakarta ini merupakan salah satu karya Gat yang unik karena delapan orang membawakan tarian tanpa musik. Repertoir ini ditampilkan pertama kalinya pada Juli 2008 dalam Montpellier Danse Festival yang diproduksi bersama dengan Lincoln Center Festival New York, Romaeuropa Festival, the Sadler`s Wells Theater di London dan Montpellier Dance Festival.

Sejak grup tari Emanuel Gat didirikan, mereka mendapatkan pengakuan internasional atas standar artistik mereka yang tinggi dan keoriginalitasan mereka dalam tari kontemporer.

Grup ini sangat sering diundang untuk tampil dalam festival-festival dan acara-acara kelas internasional seperti Lincoln Center festival di New York, Le Festival d'Automne Paris, Sadler`s Wells London, Tanz im August

Berlin, Holland Dance festival, American Dance Festival, Roma Europa, Montpellier Danse, Jacobs Pillow, Tokyo Biennale, Monaco Dance Forum, Adelaide Festival dan banyak festival lainnya.

Emanuel Gat Dance belakangan ini banyak melakukan tur dengan 5 tarian yakni Winter Variations, Silent Ballet, My Favorite Things, The Rite of Spring (Le Sacre du printemps) and Winter Voyage (Le Voyage d`hiver).
(T.P005*R022/Z002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010