Bandung (ANTARA News) - Anas Urbaningrum yakin akan menang dalam pemilihan ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat dalam satu putaran.
"Saya tidak mau sebutkan angka dukungan DPD maupun DPC, tetapi untuk menang satu putaran, saya kira cukup," katanya dalam jumpa pers menjelang pembukaan Kongres II Partai Demokrat di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat.

Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu, hubungan dirinya dengan kalangan DPD maupun DPC sudah berlangsung lama. Bukan saja faktor rasionalitas politik, tetapi juga ikatan hati, batin, dan nurani.

"Ini mungkin agak berbeda dengan konteks dukungan kandidat yang lain. Proses kami sejak silaturahim dan deklarasi dengan proses dukungan di kongres terus terjaga, dan stabil," kata Anas yang juga Ketua DPP Partai Demokrat bidang Politik itu.

Dalam pemilihan ketua umum DPP Partai Demokrat, setidaknya ada 531 suara dari sebanyak 497 DPC, 33 DPD, dan satu suara DPP.

Anas Urbaningrum lahir di Blitar, Jawa Timur pada 15 Juli 1969. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini meraih gelar sarjana ilmu politik di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada 1992.

Mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut meraih gelar S2 ilmu politik di Universitas Indonesia (UI) Jakarta pada 2000.

Saat ini, pria berkaca mata itu sedang menyelesaikan program doktor ilmu politik di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Selain Anas, dua kandidat ketua umum lainnya adalah Andi Mallarangeng yang kini menjabat Menpora, dan Marzuki Alie sebagai Ketua DPR RI.(*)

(T.A041/M008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010