Barcelona, Spanyol (ANTARA News) - Pemerintah di Barcelona, yang sudah muak dengan wisatawan yang keluyuran di jalan dengan hanya mengenakan pakaian renang mereka, sedang menyiapkan aksi besar untuk meyakinkan mereka agar mengenakan pakaian ketika mereka meninggalkan pantai.

"Kami ingin membuat orang mengerti bahwa itu adalah sikap yang tak kami sukai, itu tak dilarang atau pelakunya diancam hukuman tapi itu adalah tindakan kami kira tak sopan," kata  jurubicara balai kota, Jumat seperti dikutip AFP.

Pemerintah kotapraja di pantai Spanyol tersebut sudah mencetak poster yang memperlihatkan dua orang yang mengenakan pakaian renang dengan tanda silang merah, bersama gambar dua orang lagi yang mengenakan pakaian normal tanpa garis merah.

"Dalam beberapa pekan mendatang kami akan memasang poster di metro, bus dan di semua tempat umum," kata wanita jurubicara itu.

"Dan walikota telah mengirim surat kepada pengusaha, pemilik hotel, bar, restoran ... yang mendorong mereka mengunduh poster tersebut dan memasangnya di tembok mereka," katanya.

Pemerintah di balai kota Barcelona tak bisa membayangkan bagaimana banyak pelancong keluyuran di jalan dengan hanya mengenakan bikini, pakaian renang. "Itu hanya lah persepsi," kata wanita jurubicara tersebut.

Semua pantai dan tempat menarik yang memiliki nilai budaya di ibukota wilayah Catalonia, bagian timur-laut Spanyol, menarik jutaan pelancong asing setiap tahun.
(C003/S004)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010