Sleman (ANTARA News) - Bupati Sleman nonaktif Ibnu Subiyanto, terpidana kasus korupsi buku ajar, Minggu memberikan suara dalam Pilkada Kabupaten Sleman 2010 di tempat pemungutan suara khusus 24 di Lembaga Pemasyarakatan Sleman.

Ibnu Subiyanto yang megenakan baju warna abu-abu dengan celana warna hitam dan mengenakan sandal memasuki bilik pencoblosan tempat pemungutan suara (TPS) khusus sekitar pukul 09.40 WIB.

Sebelum memberikan suaranya Ibnu Subiyanto mengatakan dirinya ikut memberikan suara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sleman 2010 ini sebagai bentuk partisipasi dalam menentukan calon pemimpin di Kabupaten Sleman.

"Calon pemimpin yang sekarang harus bisa mengayomi rakyat dan membela kepentingan rakyat kecil,"

Ibnu Subiyanto yang divonis hukuman penjara selama empat tahun dalam kasus korupsi pengadaan buku ajar di Dinas Pendidikan kabupaten Sleman tahun 2004 yang merugikan keuangan negara sekitar Rp12,1 miliar dan pengajuan banding ditolak Pengadilan Tinggi Yogyakarta pada pemilihan presiden tahun lalu tidak bersedia memberikan suara dan memilih tetap berada di ruang tahanan LP Sleman.

Sedangkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sleman Sukamto mengatakan di TPS Khusus LP Sleman tercatat ada 143 warga binaan yang tercatat sebagai pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Namun yang memberikan suara hanya 134 warga binaan saja, karena sebagian sudah bebas dan ada beberapa lagi yang dipindah di LP Kota Yogyakarta," katanya.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010