Bandung (ANTARA News) - Polisi mengambil alih pengamanan dan pengaturan lalu lintas di lokasi pelaksanaan Kongres II Partai Demokrat, di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, sejak hari ke dua dan ketiga pelaksanaan kongres.

"Sebelumnya (pengaturan lalu lintas dan pengamanan lokasi kongres) sama Satgas Demokrat, tapi hasilnya crowded, mereka menutup jalur menuju lokasi kongres, tapi dihari kedua dan hari ini kami alihkan arusnya dan Alhamdulillah lancar," kata Kapolresta Cimahi AKBP Rusdi Hartono, di lokasi kongres, Minggu.

Menurut dia, karena pengaturan dan pengamanan lalu lintas di lokasi kongres pada hari pertama Wakil Presiden harus berjalan kaki menuju lokasi kongres.

"Saking crowded nya, mobil rombongan RI 2 tersendang dan RI 2 sampai harus jalan kaki ke sini (lokasi kongres)," kata Rusdi.

Ia mengatakan, untuk mengurangi kemacetan di sekitar lokasi kongres, bus-bus pengangkut peserta kongres diparkirkan di sekitar lokasi Helipad.

"Bus-bus yang membawa peserta kongres, kita paksakan untuk masuk ke helipad dan itu berhasil mengurangi kemacetan," katanya.

Menurutnya, hingga hari ketiga pelaksanaan kongres, pihaknya belum menerima pengaduan seputar masalah keamanan.

"Alhamdulillah sampai hari ke tiga ini aman. Kita juga belum menerima laporan seperti curanmor dan lain sebagainya selama kongres," kata.

Ia menambahkan, untuk pengamanan Kongres II Partai Demokrat tersebut, pihaknya menerjunkan 800 personil.

"Polresta Cimahi sendiri menerjunkan 800 personil dibantu juga dari empat kompi dari Polda dan dua kompi dari Brimob," katanya.

Kongres II Partai Demokrat diselenggarakan sejak Jumat (21/5) hingga Minggu hari yang diikuti 497 dewan pimpinan cabang (DPC), 33 dewan pimpinan daerah (DPD), serta dewan pimpinan pusat (DPP).

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010